Rancang Bangun Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Metode QR-Code Berbasis Mobile di SMA N 2 Basa Ampek Balai

Main Article Content

Ahmad Jemiadhi Saputro
Denny Kurniadi

Abstract

Absensi merupakan salah satu aspek penting di sekolah, karna ini dapat menjadi salah satu acuan melihat tingkat kedisiplinan dari siswa. Perkembangan teknologi terus berkembang secara cepat, pengaruh perkembangan teknologi menjangkau ke semua bidang, termasuk bidang Pendidikan, kebutuhan informasi yang akurat tepat dan cepat dalam menyajikan data yang snhat lengkap merupakan salah satu tujuan penting. Untuk saat ini smartphone sudah mnejadi kebutuhan primer untuk sbegian besar individu, karna dengan menggunakan smartphone banyak informasi yang dapat di akses dengan mudah serta penyajian data yang mudah dan menarik, perkembangan ini harus di manfaatkan unruk kemudahan salah satu aspek Pendidikan yaitu absensi, dengan adanya absensi yang berbasis digital dengan memanfaatkan metode pengambilan data dengan Qr-Code. Untuk media pengembangannya sendiri yaitu framework Laravel untuk webserver dan reactnative untuk pengembangan app androidnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jemiadhi Saputro, A., & Kurniadi, D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Metode QR-Code Berbasis Mobile di SMA N 2 Basa Ampek Balai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8488–8502. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2277
Section
Articles of Research

References

ARIF, M. F., Kom, S., & Kom, M. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Penerbit Qiara Media.

Fitri, R. S., Rukun, K., & Dwiyani, N. (2018). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Komputer dan Accessories Pada Toko Mujahidah Computer Berbasis Web. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 4(1).

Paramitha Fadillah, A. (2019). Flowmap.

Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Penerbit Andi.

Hidayanti, Luthfi Nur. "Pengembangan Sistem Informasi Akademik User Friendly Untuk Sma Muhammadiyah Kota Tegal (Siata)." MEDIA ELEKTRIKA 11.2 (2019): 65-74.

Novaliendry, Dony, and Viony Dwiyana Puteri. "E-Retail Percetakan Anambaleh Desain Menggunakan Framework Laravel." Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan 13.1 (2020): 10-19.

Ahaddin F, “Apa Itu Activity Diagram”, dumetschool, 2015. Website : https://www.dumetschool.com/blog/Apa-Itu-Activity-Diagram, diakses tanggal 8 November 2021.

Kristanto, Ir Harianto. Konsep & Perancangan Database. Penerbit Andi, 1994.