Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Rupat

Main Article Content

Nurhidayanti Nurhidayanti
Isjoni Isjoni
David Chairilsyah

Abstract

Kinerja guru sangat berkaitan dengan motivasi kerja dan supervisi akademik. Berdasarkan hasil wawancara peneliti beberapa guru SD Negeri di kecamatan Rupat bahwa motivasi kerja yang ditunjukan oleh guru-guru masih belum optimal, terbukti  beberapa guru yang datang terlambat, pada jam pelajaran 1,2 dan jam pelajaran 6,7, 8 sering tidak ada guru mengajar. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah sebagai pimpinan, selama ini kurang mendapat perhatian serius dari kepala sekolah, dampak dari rendahnya frekuensi supervisi yang dilakukan kepala sekolah dan tidak berkesinambungan adalah adanya guru yang melaksanakan proses pembelajaran secara  kurang profesional, hal ini akan berdampak pada rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru yang sudah PNS di SDN 1,2,3,4,5 Kecamatan Rupat yang berjumlah sebanyak 66 orang. Metode sampel dengan sampel jenuh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Semakin tinggi Motivasi Kerja yang diberikan maka semakin tinggi pula Kinerja yang dimiliki Guru. 2) Terdapat pengaruh yang Positif dan siginifikan antara variabel Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru di SDN Kecamatan Rupat. Semakin sering Supervisi Akademik dilakukan Kepala Sekolah  maka semakin tinggi tingkat Kinerja yang dimiliki Guru. 3) Terdapat pengaruh yang siginifikan secara bersama-sama antara variabel Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru di SDN Kecamatan Rupat. Semakin tinggi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik yang dilakukan Kepala Sekolah maka semakin tinggi pula tingkat Kinerja yang dimiliki Guru dengan asumsi Motivasi Kerja tetap.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhidayanti, N., Isjoni, I., & Chairilsyah, D. . (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Rupat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7981–7992. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2290
Section
Articles of Research

References

Ansori, M., Arief, S., & Sukirno, S. (2017). Profesionalisme Guru Akuntansi Pasca Sertifikasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5(1), 106-120.

Astiti, P., Wayan, N., Wilian, S., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Seni Budaya SLTA di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 40-48.

Bodroastuti, T., & Setiawan, T. T. (2017, July). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Daryanto, Tutik Rachmawati, 2015. Supervisi Pembelajaran, Yogyakarta, Gava. Media..

Fitria, Hasnah Faizah, and Azhar, 2017. Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru Di SMK Negeri Se Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Jurnal Manajemen Pendidikan 5(1), 58–64.

Hamzah B. Uno, 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru.

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25-33.

Kurniadin, Didin, and Imam Machali, 2016. Manajemen Pendidikan (Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan), Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.

Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada.

Malayu Hasibuan, 2016. Organisasi Dan Motivasi, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta : Bumi Aksara.

Pardede, A. N. (2019). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai dengan kepemimpinan sebagai variabel moderasi di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Bandung (Doctoraldissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Purwanto, E. A. (2012). Implementasi kebijakan publik konsep dan aplikasinya di indonesia (No. 1).

Riyadi, S., &Mulyapradana, A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Raudhatul Athfal di Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13.

Shoimin, A. (2013). ExcellentTeacher Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Sertifikasi. Semarang: Dahara Prize. Silver.

Siagian, S. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(01), 193-208.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, CV. Alfabeta, Bandung.

———. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, CV. Alfabeta, Bandung.

Taufiqurrahman, 2014. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di MTS Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau 1(2): 1–10.

Wafiroh, Hikmatul, 2017. Motivasi Guru Dalam Melaksanakan Tugas Dan Fungsi Pelayanan Kepada Siswa Di Sma Negeri 3 Tapung Kabupaten Kampar, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 4(2), 1–13.

Yudana, M. (2011). Supervisi Pendidikan.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.