Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pengguna Pasta Gigi Close Up di Kota Ambon)

Main Article Content

Fransiska Natalia Ralahallo

Abstract

Saat ini banyak produsen yang memproduksi dan menjual berbagai merek pasta gigi, sehingga membuat konsumen memperoleh banyak pilihan sebelum memutuskan untuk membeli pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan tentunya memiliki harga yang terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pasta gigi CloseUp. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dikota Ambon yang menggunakan pasta gigi CloseUp. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang membeli pasta gigi CloseUp diambil secara purposive sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah SPSS. Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 0,410 X1 + 0,181 X2 + 0,367 X3 variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel citra merek (0,410), diikuti oleh variabel promosi (0,367), dan yang terakhir adalah variabel harga (0,181). Hasil uji t menunjukan bawah semua variabel independen yaitu (citra merek,harga, dan promosi) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) dimana semua variabel independen memperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan tingkat sig kurang dari 0,05. Dan koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 0,345.    


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ralahallo, F. N. . (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pengguna Pasta Gigi Close Up di Kota Ambon). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8002–8010. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2292
Section
Articles of Research

References

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andreani, et al. 2012. Dampak brand image terhadap Loyalitas Konsumen dengan kepuasan sebagai mediator. Jurnal manajemen kewirausahaan, vol.14, No.1,h: Kotler, dan keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 P.T. Indeks kelompok Gramedia.

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek dan psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fure, H. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca, Fakultas Eknomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Samratulangi, Manado.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Deponegoro.

Hendra Noky Andrianto, Idris 2013. Meneliti Dengan Judul “Pengaruh Kualitas Produk,Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang”.

Jacky R. Manoppo dan Willem J.F Alfa Tumbuan 2014. Meneliti dengan judul “Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflime”.

Kotler, 2009. Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid 9. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P . 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia dari Principles of Marketing Ge. Penerbit PT. Prenhalindo Jakarta.

Lupiyoadi, R. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Teoridan Praktik. Penerbit Salemba Empat. Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Ni Putu Novia Karlina dan Ni Ketut Seminari SE,M.Si 2015. Meneliti Dengan Judul “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar”.

Tjiptono, F. 2010. Manajemen Jasa. Jakarta: Banyu Media.

Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, yogya.

Sugiyono,2008. Metode Penelitian Bisnis, Alphabetha, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

www.topbrand-award.com.

www.Unilever.com

Most read articles by the same author(s)