Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Galuh Nur Insani
DinieAnggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Pendidikan adalah kewarganegaraan, salah satu tema yang menjadi sektor unggulan dalam pengembangan karakter siswa. Secara khusus bertujuan untuk (1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang sesuai dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (2) mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran PKn untuk mengembangkan sikap dan karakter pada siswa sekolah dasar. adalah pendekatan kualitatif. Kemudian untuk metode yang dilakukan yaitu dengan metode studi literatur. Dimana penulis mengumpulkan data dari rujukan artikel dan jurnal yang tersedia di website terpercaya. Hal ini dikarenakan kondisi saat ini yaitu pandemi covid-19, yang membatasi semua orang untuk beraktivitas diluar rumah. Pada kenyataannya, pelajaran pendidikan kewarganegaraan belum cukup berhasil untuk menjalankan peran ini dengan baik karena proses yang terjadi dalam pembelajaran pendidikan hanya diaktifkan dalam prestasi, manajemen afektif/sikap diabaikan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu mengkaji modifikasi dalam pembelajaran pendidikan pendidikan, salah satunya dengan mengintegrasikan konsep karakter ke dalam pengembangannya agar lebih mampu mengembangkan dan membentuk karakter siswa sekolah dasar.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Insani, G. N. ., Dewi, D. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2313
Section
Articles of Research

References

Depdiknas. 2008. Pengembangan Silabus Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam KTSP. Jakarta: Direktur Tenaga Pendidikan, Dirjen PMPTK, Depdiknas.

Depdiknas 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem PenPendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Seno, D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pkn Kelas Ii Sd Gugus

Larasati Kota Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1).

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Lickona. 1992. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Wahab & Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winataputra, U.S. & Budimansyah, D. (2007). Civic Education : Landasan, Konteks, Bahan ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Prodi pendidikan kewarganegaraan SPS UPI.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung:Alfabeta.

Budimansyah, D. 2012. Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.

Budimansyah & Suryadi. (2008). PKn dan Masyarakat Multikulturan. Bandung: PSPKn SPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) No 20 Tahun 2003.

Aqib, Z. 2012. Pendidikan Karakter Di Sekolah (Membangun Karakter Dan Kepribadian Anak). Bandung: Yrama Widya.

Warsono, 2010. Pendidikan Dalam Bidang Studi IPS Karakter Melalui, Semi-nar Nasional Pendidikan Karakter, Kerjasama Himpunan Sarjana Pen-didikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) & UNESA, Surabaya, 18-19 Juni 2011.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi: Lampiran Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>