Pengaruh Konsentrasi Larutan Gula dan Cuka terhadap Produk Nata de Purple Sweet Potato (PSP)

Authors

  • Aulia Aji Kusuma Dewi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Natasya Amelia Fahma Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Hermi Yanti Agushesa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Isnawati Isnawati Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2320

Keywords:

Nata De Purple Sweet Potato, Acetobacter Xylinum, Gula, Cuka, pH

Abstract

Nata de Purple Sweet Potato (PSP) merupakan produk dari filtrat ubi jalar ungu dengan bakteri fermentasi spesies Acetobacter xylinum. Proses pembuatan nata menggunakan tambahan gula pasir sebagai sumber karbon pada produksi selulosa dari bakteri Acetobacter xylinum selama proses fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi gula dan cuka terhadap karakteristik nata de PSP. Variasi penambahan konsentrasi larutan gula dan cuka dalam penelitian ini adalah F1 (600 gram, pH 4), F2 (600 gram, pH 3), F3 (400 gram, pH 4), dan F4 (400 gram, pH 3).  Uji yang dilakukan pada penelitian ini berupa pengukuran ketebalan nata selama 15 hari, dilakukan pada hari ke 5, 10, dan 15 menggunakan penggaris dengan ketelitian 0,5 mm pada 3 titik setiap sisinya. Uji organoleptik oleh 10 panelis dilakukan pada hari ke 17 setelah pemanenan dan pengolahan nata de purple sweet potato. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nata de purple sweet potato yang memenuhi standar diperoleh pada perlakuan F1 dengan variabel manipulasi 600 gram gula dan pH 4, nata yang dihasilkan memiliki ketebalan rata-rata 1,54 cm, memiliki warna magenta terang, tekstur kenyal hingga sangat kenyal, rasa yang sangat manis, dan tidak beraroma.

 

References

Andra Tamimi, Sumardi HS., dan Yusuf Hendrawan. 2015. Pengaruh Penambahan Sukrosa dan Urea Terhadap Karakteristik Nata de Soya Asam Jeruk Nipis In Press Influence Of Sucrose and Urea Addition to Nata de Soya Lime Acid Characteristics. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis. Vol. 3 (1) : 6.

Biamenta, E. (2011). Karakterisasi Dan Analisa Kadar Nutrisi Edible Film dari Nata De Coco dengan Penambahan Pati, Gliserin, dan Kitosan Sebagai Bahan Pengemas Makanan. Universitas Sumatera Utara.

Haryatni, T. 2002. Mempelajari Pengaruh Komposisi Bahan Terhadap Mutu Fisik dan Stabilitas Warna Nata de Coco.

Indah Putriana dan Siti Aminah. 2013. Mutu Fisik, Kadar Serat dan Sifat Organoleptik Nata de cassava Berdasarkan Lama Fermentasi. Jurnal Pangan dan Gizi. 4(7) : 29- 38.

Lina, S. (2006). Perbedaan Penggunaan Jenis Kulit Pisang terhadap Kualitas Nata. Universitas Negeri Semarang.

Mades Fifendy dan Nur Annisah. 2012. Kualitas Nata de Citrullus dengan Menggunakan Berbagai Macam Starter. Jurnal sainstek. Vol. 4 (2) : 158.

Muhammad Alwi, Andi Lindhemuthianingrum, dan U. (2011). Formulasi Media Tumbuh Acetobacter xylinum dari Bahan Limbah Cair Tempe dan Air Kelapa Untuk Produksi Nata De Soyacoco. Biocelebes, 5(2), 126–132.

Nisa, F.C., R.H. Hani., T. Wastono., B. Baskoro dan Moestijanto. 2001. Produksi Nata Dari Limbah Cair Tahu (Whey): Kajian Penambahan Sukrosa Dan Ekstrak Kecambah. Jurnal Teknologi Pertanian. 2: 74-78.

Putri, E, F, A. 2009. Sifat Fisik dan Organoleptik Bakso Daging Sapi Pada Lama Postmortem yang Berbeda dengan Penambahan Karagenan. Skripsi. Bogor: Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor.

Putriana, I., dan Aminah, S. (2013). Mutu Fisik, Kadar Serat dan Sifat Organoleptik Nata de Cassava Berdasarkan Lama Fermentasi Physical quality, Dietary Fiber and Organoleptic Characteristic from Nata de Cassava Based time of Fermentation. Jurnal Pangan Dan Gizi, 04(07).

Richana, N. (2013). Menggali Potensi Ubi Kayu & Ubi Jalar. Nuansa Cendekia.

Rohmah, Fina Saidatur. 2014. Karakteristik Fisik, kimia, dan Sensori Nata Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas blackie) Berdasarkan Lama Fermentasi. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Semarang.

Setyaningsih, Dwi, Anton Aprianto, dan Maya Puspita Sari. 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro.Bogor: IPB Press.

Susanti, L. 2006. Perbedaan Penggunaan Jenis Kulit Pisang Terhadap Kualiatas Nata. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Sutarminingsih, C. L. (2007). Peluang Usaha Nata de Coco (5th ed.). yogyakarta Kanisius.

Warisno, S. dan K. D. (2009). Inspirasi Usaha Membuat Aneka Nata. AgroMedia Pustaka.

Yusmarini, Usman Pato, V. S. J. (2012). Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Gula dan Sumber Nitrogen terhadap Produksi Nata de Pina. Sagu, 3(1), 20–21.

Yusmarini, Usman Pato, V. S. J. (2013). Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Gula dan Sumber Nitrogen terhadap Produksi Nata De Pina. In Sagu (Vol. 3, pp. 20–27).

Downloads

Published

18-11-2021

How to Cite

Kusuma Dewi, A. A. ., Fahma, N. A. ., Agushesa, H. Y. ., & Isnawati, I. (2021). Pengaruh Konsentrasi Larutan Gula dan Cuka terhadap Produk Nata de Purple Sweet Potato (PSP) . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8202–8211. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2320

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check