Peran Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Tenggara

Main Article Content

Nilam Cahaya
Tri Inda Fadhila Rahma

Abstract

Disiplin kerja adalah sebagai sikap menghormati, menghargai dan taat pada peraturan yang berlaku baik tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya, tidak mengelak dengan sanksi-sanksi apabila melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya. Disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pegawai dalam sebuah perusahaan/organisasi. Kinerja seorang pegawai/karyawan adalah hasil atau keluaran (outcomes) dari sebuah pekerjaan yang ditugaskan dalam suatu organisasi/institusi. Jika seorang pegawai tidak menerapkan disiplin dalam melakukan tugasnya maka secara otomatis suatu pekerjaan tersebut tidak akan berjalan dengan baik, tujuan dari kantor tersebut tidak akan tercapai. Ketegasan seorang ketua dalam sebuah kantor juga mempengaruhi sikap disiplin pegawai-pegawainya, jika ketuanya saja tidak tegas maka kebanyakan pegawainya tidak akan disiplin dalam melaksanakan tugasnya, mereka justru bermalas-malasan dalam bekerja sehingga tujuan dibangunnya sebuah kantor tersebut tidak akan tercapai. Penelitian ini dilaksanakan mengingat betapa pentingnya disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja seorang pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran disiplin kerja terhadap kinerja pegawai kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tenggara. Sehingga dengan adanya kajian tentang disiplin kerja terjadap kinerja pegawai dapat menjadikan mereka lebih disiplin dalam melaksanakan tugasnya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Cahaya, N. ., & Rahma, T. I. F. (2021). Peran Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Tenggara . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8253–8261. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2326
Section
Articles of Research

References

Aditama, R.A. Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AE Publishing. 2020.

Ahmadi. Optimalisasi Motivasi & Kinerja Pegawai Memahami Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani. 2021.

Anggito, Albi; Johan Setiawan. Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak, 2018.

Koirewoa, Y. Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara. Jakarta: Kreasi Cendekia Pustaka. 2019.

Mulianto, S.; Cahyadi, E.R. dan Widjajakusuma, M.K. Panduan Lengkap Supervisi Diperkaya Perspektif Syariah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. 2006.

Mustafa, Pianton Setya; dkk. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Tp. 2020.

Nurdiansyah, H. dan Rahman, R.S. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif. 2019.

Padmaningrum. Pengembangan Karier dan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara. Yogyakarta: Samudra Biru. 2021.

Prihantoro. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja dan Komitmen. Yogyakarta: Deepublish. 2019.

Pujiasari, E. dan Budiningsih, S.E. Otomatisasi dan Tata Kelola Kepegawaian untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. 2018.

Sari, A.A.I.K.; Putra, I.B.U dan Amerta, M.S. Anteseden Kinerja Pegawai. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. 2021.

Sopnah, A., dkk. Bunga Rampai Ekonomi dan Bisnis: Isu Kontemporer Ekonomi dan Bisnis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. 2021.