Hubungan antara Pola Asuh Keluarga dan Karakter Anak

Main Article Content

Indah Mei Diastuti

Abstract

Pola asuh orangtua sangat mempengaruhi proses perkembangan anak salah satunya adalah karakter anak. Dalam lingkungan keluarga, anak akan mempelajari dasar-dasar perilaku yang penting bagi kehidupannya nanti. Anak meniru bagaimana orang tua bersikap, bertutur kata, mengekspresikan harapan, tuntutan, dan kritikan satu sama lain, menanggapi dan memecahkan masalah, serta mengungkapan perasaan dan emosinya. Disamping itu, dengan adanya model perilaku yang baik akan membawa dampak baik bagi perkembangan anak demikian juga sebaiknya. Pola asuh pada dasarnya diciptakan oleh adanya interaksi antara orang tua dan anak dalam hubungan sehari-hari yang berevolusi sepanjang waktu. Orang tua yang satu dengan yang lain memberikan pola asuh yang berbeda dalam membimbing dan mendidik anak-anaknya Norman (1996) menjelaskan secara garis besar pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya dapat digolongkan menjadi:1) Pola Asuh Otoriter, 2) pola asuh demokratis, 3) pola asuh permisif. Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua adalah interaksi antara orang tua dengan anak untuk mengarahkan perilaku anak kearah yang baik, menstimulasikan nilai-nilai (kepribadian dan kebudayaan) yang dianggap baik oleh orang tua agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara baik dan optimal. Dalam interaksinya dengan anak anak, orang tua menggunakan cara-cara tertentu yang dianggap paling baik bagi anaknya. Orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat, sehingga anak memiliki karakter positif, kepribadian yang tangguh, dan menjadikan karakter-karakter tersebut mengakar kuat dan selamanya akan menjadi prinsip hidup anak untuk mencapai kemuliaan hidup.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Diastuti, I. M. . (2021). Hubungan antara Pola Asuh Keluarga dan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8447–8452. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2347
Section
Articles of Research

References

Badudu, Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Barnadib, Imam. 1997. Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode. Yogyakarta: Andi Offset.

Dahlan, Muhammad Djawad. 2007. Rujukan Filsafat, Toeri, dan Praktis: Ilmu Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.

Furqon, H. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka: Surakarta.

Hurlock, EB. 1990. Perkembangan Anak (terjemahan). Erlangga: Jakarta.

Manan, Imran. 1989. Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

________. 1989. Anthropologi Pendidikan: Suatu Pengantar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Megawangi, Ratna. (2003). Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani. IPPK Indonesia Heritage Foundation.

Norman, Wirght.1996. Menjadi Orang Tua yang Bijak. Yogyakarta: Andi Offset.

Santrock, John W. 2007. Educational Psychology. New York: Mc-Gray Hill.

Sardiman A.M. 2005. Interaksi Dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Penggerak PKK Pusat. 1995. Pola Asuh Anak dalam Keluarga : Pedoman bagi Orang Tua, Jakarta.

Pamilu, Anik. 2007. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Panduan Lengkap Cara Mendidik Anak Untuk Orang Tua. Yogyakarta: Citra Media.

Zahara, Idris dan Lisma Jamal. 1992. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Grasindo