Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di SPBU Pohon Pule

Main Article Content

Rachma Attamimi
Tamariska Paulina

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor utama dalam pengelolaan suatu perusahaan. Dalam mencapai tujuannya, suatu perusahaan memerlukan sumber daya manusia sebagai pengelola sistem. Sumber daya manusia yang kompeten dengan kinerja yang baik, dapat menunjang keberhasilan kinerja. Sebaliknya sumber daya manusia yang tidak kompeten dan kinerjanya buruk merupakan masalah kompetitif yang dapat menempatkan perusahaan dalam kondisi yang merugi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada karyawan SPBU CODO Pohon Pule. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Budaya Organisasi (X1) dan Lingkungan Kerja (X2), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kinerja Karyawan (Y). Penelitian ini menggunkan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel jenuh.  SPBU CODO POHON PULE diresmikan pada tahun 2014 di bawah pimpinan Richard Sahertian. Jumlah sampel penelitian adalah 30 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan nilai beta (?) sebesar 0,610 dan nilai signifikansi 0,000. Lingkungan kerja berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai beta (?) 0,372 dan nilai signifikansi 0,003.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Attamimi, R. ., & Paulina, T. . (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di SPBU Pohon Pule. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8523–8532. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2352
Section
Articles of Research

References

Afrizal, Rifki. 2012. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Nindya Karya Persero. Universitas Gunadarma.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aput Ivan Alindra. 2015.Analisis Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Depok Sports Center.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Budi, Setiawan dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan. Semarang : JRBI. Vol 2.No. 2.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta :BukuSeru.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja.

Ekaningsih, 2012. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Persepsi Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Surakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bulungan Tarakan.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafizah. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Budaya Organisasi pada PT. BNI Syariah Cabang Mataram. Nusa Tenggara Barat.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. BumiAksara.

Inuh Maria Lusiana. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Bandara Tambolaka Sumba Barat Daya). Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Kharisma, Gogy Bara. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Serba Usaha Setya Usaha Di Kabupaten Jepara.Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi Edisi 5 Alih Bahasa Erly Suandy. Jakarta: Salemba Empat.

Liliweri, Alo. 2014. Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta : BumiAksara.

Mangkunegara. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Rosda.

M.Logahan, Jerry, dkk. 2012. Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Pemberian Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan CV Mum Indonesia. Binus Business Review Vol. 3 No. 1 Mei 2012 Hal573-586.

Mathis, R.L dan J.H. Jackson. 2006. Human Resource Management. Jakarta :Salemba Empat.

Muhammad Muris. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Muri, Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Musriha. 2011. Influnces of Work Environment, and Motivation in Clove Cigarette Factories in Kudus, Indonesia.

Noah, Y., & Steve, M. (2012). Work Environment and Job Attitude Among Employees In A Nigerian Work Organization. Journal of Sustainable Society, 1(2), 36–43.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins SP, dan Judge. 2002. Perilaku Organisasi Buku 2. Jakarta :Salemba.

Rodi Ahmad Ginanjar. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Sleman. Yogyakarta : Universitas Negri Yogyakarta

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Septianto, Dwi. 2010. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada PT Pataya Raya Semarang. Semarang : Universitas Diponegoro.

Siagian, S.P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Sri Ekaningsih, Ana. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dengan Persepsi Lingkungan Kerja Sebagai Variabe Pemoderasi. Volume 4 nomor 1, 19-30.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Suliyanto. 2006. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Suryani dan Hendryadi.2015. Metode Riset Kuantitatif dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam.Jakarta : Prenada Media Group.

Tampubolon, Manahan P. 2008. Perilaku Keorganisasian. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Umam, Khaerul. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung : Pustaka Setia.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Zunaidah, dan Budiman, Ardi, Novarandi, Arif. (2014). Analisis Pengaruh Motivasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Business Unit SPBU PT. Putra Kelana Makmur Group Batam). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya. Vol.12, No.1. 47-54.

Most read articles by the same author(s)