Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Rizty Azzahra Sastradipura
DinieAnggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Nasionalisme adalah nilai luhur Pancasila yang perlu dimiliki peserta didik sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan dan mampu memberikan kontribusi bagi negara sehingga dapat terwujud karakter peserta didik yang dapat berdaya saing dan tangguh di tengah era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskrifptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur dari berbagai sumber seperti buku, jurnal dan yang lainnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran guru pendidikan kewarganegaraan sangat penting dalam meningkatkan sikap nasionalisme  pada siswa sekolah dasar yaitu Guru pendidikan kewarganegaraan sebagai pembimbing, Guru PPKn sebagai jembatan antar generasi, Guru pendidikan kewarganegaraan sebagai Stimulus kreativitas dan Guru pendidikan kewarganegaraan sebagai Otoritas. Sedangkan bentuk sikap Nasionalisme pada siswa sekolah dasar sebagai berikut: Sikap Nasionalisme dalam hal bangga menjadi bangsa Indonesia, Sikap Nasionalisme dalam hal rela berkorban, Sikap Nasionalisme dalam hal menerima kemajemukan dan Sikap Nasionalisme dalam hal menghargai jasa para pahlawan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sastradipura, R. A. ., Dewi, D. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8629–8637. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2364
Section
Articles of Research

References

Badan Standar Nasional Pendidikan.(2006). Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Muhammad Ali, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.B andung : Sinar Buru Algensido

Moleong, Lexy J. (2007). Metedologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi.Bandung:Remaja Rosdakarya

Neli, Istra. (2011). Peranan guru Sejarah dalam pembentukan sikap Nasionalisme Siswa Kelas X Di SMA N 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasyara. Skripsi: Program Studi Sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat,Padang,2015

Peraturan Menteri pendidikan Nasional Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Fungsi Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri pendidikan Nasional Undang-Undang RI No. 14 tahun 2005 Tentang Pengertian Guru dan Dosen

Ratna , Sri dan Sri Murtini.(2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: LAN

Suyatno, (2011). Peran Guru PKN Dalam Mencegah Kenakalan Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Tanggung Hardjo Kabupaten Grogoboan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Abdullah, Jainudin. Peran Guru dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMP Negeri 1 Babang Kec. Bacan Timur. Edukasi Jurnal Pendidikan Vol.13 No.2, 2015, hal 462-466.

Abdullah, Taufik. (2007). Harian Kompas 18 Agustus 2007, hal 33.

Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Faturochman, Anggraeni Kusumawardani.(2004). Nasionalisme dalam Jurnal Buletin Psikologi. Tahun XII No. 2 Desember. ISSN 0854-7108.

Hadi Wiyono. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Bingkai Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Civics. Vol. II No. 2 Juli

Joesoef, Daoud. Esensi Pendidikan .Harian Kompas 3 September, 2008.

Kartika, I. Made. (2016). Peranan Guru PPKN dalam Mengembangkan Karakter Dan Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP: Universitas Dwijendra. ISSN No. 2085-0018. Maret Hal 16-29.

Maksum, Hafidh dan Affan, Hussin. Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia dalam Menangkal Budaya Asing di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala, PGSD,Vol.3 No. 4 , 2016, hal 65-72.

Soedjatmoko. (1991). Nasionalisme Sebagai Prospek Belajar dalam Majalah Prisma.

Smith, Antony, D. (2012). Nasionalisme Teori Ideologi Sejarah. Jakarta : Erlangga

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>