Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar

Main Article Content

Amini Amini
Khairunnisa Damanik
Syaiful Bahri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Adapun Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu berupa huruf dan angka. Penelitian kualitatif sifatnya deskriptif analitik, maksudnya data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan dokumentasi, analisis dokumen, catatan lapangan, disusun berdasarkan yang dilihat oleh peneliti di lokasi penelitian. Data penelitian yang dilakukan berasal dari data primer yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Sekolah, Guru  dan Siswa. Sumber data sekunder pada penelitian ini diperoleh dari studi dokumentasi yang ada di SMA Negeri 5 Pematangsiantar yaitu meliputi dokumen yang ada pada Kepala Sekolah, guru, perpustakaan, arsip dan lainnya yang berhubungan dengan fokus penelitian.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru adalah sudah baik.  Adapun gaya kepemimpinan Kepala Sekolah yang dipakai oleh Kepala Sekolah adalah gaya kepemimpinan demokratis dengan pendekatan situasi. Penerapan kepemimpinan yang efektif oleh Kepala Sekolah disesuaikan dan ditentukan oleh situasi dan keadaan guru serta tugas dan sumber daya pendukung organisasi sehingga dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 5 yaitu kinerja pedagogik dalam memahami inovasi pembelajaran di sekolah. Kepala Sekolah melaksanakan berbagai perencanaan dan kebijakan yang dibuatnya dengan cara melakukan pembinaan terhadap kinerja guru, melakukan pengawasan terhadap kinerja guru kemudian mengadakan evaluasi terhadap proses dan hasil kerja (kinerja) guru. Adapun upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah pembinaan dan work shop serta pelatihan penggunaan media pembelajaran daring seperi whats app, google class room dan video pembelajaran pada pembelajaran daring.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amini, A., Damanik, K. ., & Bahri, S. . (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8668–8675. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2374
Section
Articles of Research

References

Appandi, Hoer. 2014. Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta 2012/ 2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Edison, Emron, dkk 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan. Depok : Raja Grafindo.

Mukhtar. 2015. Jurnal : Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Aceh : Fakultas Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala.

Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru yang Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

. 2017. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasrun. 2016. Jurnal :Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Medan : Fakultas Ilmu Pendididkan, Universitas Negeri Medan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah /Madrasah. Jakarta : Kemendikbud.

Permadi, Dadi. 2011. Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah . Bandung : Sarana Panca Karya.

Purwanto, Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah . Bandung : Refika Aditama.

Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.

Setiyati, Sri. 2014. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Wonosari Gunung Kidul. Wonosari: SMK N 1 Wonosari.

Sholeh, Muhammad. 2016. Jurnal : Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sopian, Ahmad.Jurnal :Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Palembang : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum, Sakatiga.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Supardi, 2013. Kinerja Guru. Depok : Raja Grafindo.

Syaifii, M. 2017.Jurnal Tesis Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Negeri 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Palangka Raya : Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Syarifuddin. 2015. Jurnal : Kajian Ilmu dan Budaya Islam, Guru Profesional dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi).Banten : STIT Al-Amin.

Undang-undang Republik Indonesia. 2003.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Pemerintah Republik Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Pemerintah Republik Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2019. Pedoman Penyusunan Proposal dan Tesis Pascasarjana UMSU. Medan : Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wahyudi. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung : Alfabeta.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Depok : Raja Grafindo Persada.