Pengaruh Nilai dan Rating Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) Perusahaan Terhadap Return Saham

Main Article Content

Dwi Isti Waluyaningjati
Muhammad Nasim Harahap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari nilai penerbitan sukuk, rating penerbitan sukuk secara parsial maupun simultan terhadap return saham. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu melalui uji asumsi klasik untuk menganalisis datanya serta analisis berganda untuk mengetahui tingkat keeratan antara pengaruh nilai dan rating penerbitan obligasi syariah ( sukuk ) terhadap return saham. Sedangkan dalam proses analisis data dengan software IBM SPSS 22 dan jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sebanyak 6 perusahaan yang menerbitkan sukuk di BEI periode 2016-2019.Berdasarkan hasil penelitian bahwa uji T variabel pengaruh nilai penerbitan sukuk memperoleh hasil thitung 4,332 > ttabel 2,109 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh signifikan positif nilai penerbitan sukuk terhadap return saham, rating penerbitan sukuk memperoleh hasil nilai thitung 1,624 < ttabel 2,109 dan nilai signifikansi sebesar 0,123 lebih besar dari 0,05. Artinya tidak terdapat pengaruh signifikan positif rating penerbitan sukuk terhadap return saham. Kemudian hasil analisis pada uji F memperoleh hasil bahwa nilai fhitung 12,092 > ftabel 3,55 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 yaitu lebih kecil dari 0,05. Yang artinya variabel independent secara bersama-sama berpengaruh terhadap Return Saham.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Waluyaningjati, D. I. ., & Harahap, M. N. . (2021). Pengaruh Nilai dan Rating Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) Perusahaan Terhadap Return Saham. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8762–8773. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2388
Section
Articles of Research

References

Nurhayati, Sri, dan Wasila. 2011. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta:

Salemba Empat.

Hidayat, Taufik. 2011. Buku Pintar Investasi Syariah. Jakarta: MediaKita.

Wahid, Nazaruddin Abdul. 2012. Sukuk: Memahami & Membedah Obligasi pada Pebankan Syariah. Yogyakarta: Ar-Ruzza Media.

Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal Acuan Teoritis dan Praktis di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khaerul Umam. 2013. Pasar Modal Syariah dan Praktik Pasar Modal Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Roziq, Ahmad, dan Mufti, Mubarok, M. 2012. Buku Cerdas Investasi dan Transaksi Syariah. Jakarta: Transmedia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Muhammad. 2014. Manajemen Keuangan Syariah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hariyanto, Eri. 2017. Mengenal Sukuk Negara (Instrumen pembiayaan APBN dan Sarana Investasi Masyarakat). Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sitorus, Tarmiden. 2015. Pasar Obligasi Indonesia : Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Arif, M. Nur Rianto Al. 2012. Lembaga Keuangan Syariah: suatu Kajian Teoretis Praktis. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fahmi, Irfan. 2012. Pengantar Pasar Modal. Bandung: Alfabeta.

Martono, Nanang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutedi, Adrian. 2011. Aspek Hukum Obligasi & Sukuk. Jakarta: Sinar Grafika.

M. Nasarudin Irsan dkk. 2011. Aspek Hukum Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Kencana.

Syamsul Anwar. 2013. Hukum Perjanjian Syariah. Jakarta: Pranadamedia.

Muhammad Said Is. 2014. Konsep Hukum Perbankan Syariah. Bandung: Setara Press.

Yuniar. 2016 “Pengaruh Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) Perusahaan Terhadap Reaksi Pasar Indonesia”. Fakultas Ekonomi Universtas Widyatama

Fathoni, D.S. 2016 “Pengaruh Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk), dan Rating Obligasi Syariah (Sukuk) Terhadap Reaksi Pasar Modal” (Studi Empiris pada Perusahaan yang menerbitkan Sukuk di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016). Universitas Islam Bandung.

Sadikin, Ali. 2011 “Analisis Abnormal Return Saham dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Peristiwa Pemecahan Saham” Jurnal Manajemen dan Akuntansi.

Dewi, Ni Putu Sentia, I Nyoman Wijana Asmara Putra. 2013 “Pengaruh Pengumuman Right Issue Pada Abnormal Return Dan Volume Perdagangan Saham”. Akuntansi Universitas Udayana.

Arif, Bramasta Wisnu. 2012 “Pengaruh Manajemen Laba dan Rasio Keuangan Perusahaan Terhadap Peringkat Obligasi”. Universitas Diponegoro

Ratih Umroh Mahfudhoh. 2014 “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi”. Universitas Diponegoro

Mochamad Rizki Pratama. 2013 “Pengaruh Penerbitan Obligasi Syariah (Sukuk) Terhadap Reaksi Pasar Modal Indonesia (Survey Terhadap Perusahaan - Perusahaan Yang Menerbitkan Obligasi Syariah Dan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Selama Tahun 2011). Universitas Widyatama.

Tri Hartutik. 2014 “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Sukuk Pada Perusahaan Non Keuangan” UIN Sunan Kalijaga.