Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online

Main Article Content

Reni Ria Armayani
Lisa Chintiya Tambunan
Ridha Maysaroh Siregar
Nurul Rafiqoh Lubis
Alma Azahra

Abstract

Media sosial menciptakan perubahan pada dunia penjualan dan pemasaran khususnya pada promosi dan periklanan yang mengakibatkan terciptanya tren bisnis online. Instagram menjadi media sosial yang memberikan wadah bagi para penjual online dalam menjual dan memasarkan produknya. Penelitian ini berfokus kepada penjualan online menggunakan media sosial Instagram sebagai alat promosi utamanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram bagi penjual online dan strategi pemasaran seperti apa yang akan berdampak kepada tingkat penjualan produk. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial Instagram dalam memasarkan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaataan media sosial di Instagram dengan mengunggah konten dan menggunakan fitur yang disediakan Instagram untuk berinteraksi dengan pengikutnya. Semakin berkembangnya zaman, Instagram semakin mengembangkan fitur fitur baru yang menarik dan bisa digunakan untuk menarik target pasar, contoh fitur Reels, Share stories, Messenger, Video, Shopping; dan Share & explore.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400
Section
Articles of Research

References

Adelia Septiani Restanti Tania, dkk. 2020. Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang : Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media.

Alan B. Albarran. 2013. The Social Media Industries. Routledge.

Basu Swastha dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Danis, Puntoadi. 2011. Menciptakan Penjualan via Media Sosial. Jakarta: Elex Media.

Diana & Mohamad syahriar. 2018. Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi. Vol 3. No. 1 (2018).

Fedianty Augustinah, Widayati. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika. Volume 4, Nomor 2, September 2019.

Henderi, Muhammad Yusuf, Yuliana Isma Graha. 2007. Pengertian Media Sosial. Jakarta : Kencana.

Irawan, Faried Wijaya & M.N. Sudjoni. Pemasaran Prinsip Dan Kasus. Yogyakarta : BPFE.

Khamaria, Desi. 2019. Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Bekas Pada Usaha Ayano Motor Di Perawang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Riau : UIN SUSKA RIAU.

La Moriansyah. Pembahasan Melalui Media Sosial : Antecedents dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015.

Philp Kotler. 2004. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : PT INDEKS.

Philip kotler & Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta : PT Gelora AksaraPratama, Erlangga.

Rahmat Syafei. Fiqih Muamalat. Bandung: CV. Pustaka Setia. 2001.

Rulli Nasrullah. 2015. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sositeknologi. Simbiosa : Rekatama Media.

Wardani, Agustin Setya. Pengguna Internet Dunia Tembus 4,66 Miliar, Rata-Rata Online di Smartphone. (Liputan6, 28 Januari 2021).