Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia

Main Article Content

Nur Kholisah
Dinie Anggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Indonesia merupakan negara yang berasaskan pada nilai-nilai Pancasila. Adanya keberagaman tersebut bisa menjadi modal untuk membuat negara yang satu. Banyaknya suku, budaya, adat, bahasa daerah dan agama di Indonesia membuat masyarakat untuk menumbuhkan sikap toleransi. Toleransi sendiri mengahargai perbedaan yang ada. Sikap toleransi dan peduli sosial yang merupakan jati diri bangsa Indonesia kini mengalami penurunan. Rendahnya sikap toleransi dan peduli sosial terhadap sesama ternyata juga berimbas pada berbagai sendi kehidupan. Adapun jenis metode penelitian yang dipakai dalam jurnal yang berjudul Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia menggunakan jenis metode penelitian studi literatur.toleransi itu cukup mensyaratkan adanya sikap membiarkan dan tidak menyakiti orang atau kelompok lain baik yang berbeda maupun yang sama. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa toleransi merupakan syarat mutlak untuk mengamalkan pancasila dengan sebaik-baiknya, dan menjamin hubungan baik antara sesama warga Negara Indonesia. Rendahnya toleransi terhadap perbedaan yang memicu terjadinya berbagai konflik dan kekerasan mengindikasikan belum optimalnya pengajaran nilai yang dilakukan selama ini Toleransi adalah sikap saling menghormati antar sesama manusia sesuai norma yang berlaku. toleransi, kita bisa menjadi warga negara yang rukun. Hidup rukun karena perbedaan yang ada bisa membuat kita sadar bahwa hidup berdampingan dan rukun membuat semua menjadi baik.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kholisah, N. ., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Meningkatkan Sikap Toleransi Antar Sesama Masyarakat di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9021–9025. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2415
Section
Articles of Research

References

Sari, Y. M. (2014). Pembinaan toleransi dan peduli sosial dalam upaya memantapkan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 23(1).

Ahmad, Nur. 2001. Pluralitas Agama (Kerukunan dalam Keberagaman). Jakarta: Kompas.

Kahmad, Dadang. 2000. Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103-109.

Solehudin, N., Rustini, T., Furnamasari, Y. F., & Nurhuda, T. F. (2021). Implementasi Sikap Toleransi dalam Keberagaman Budaya Beragama Untuk Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Siswa. Journal of Multiliteracies, 1(2), 62-68.

Suharyanto, A. (2013). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 1(2), 12.

Hendarudin, D., Achmadi, A., & Chalimi, I. R. ANALISIS SIKAP TOLERANSI SESAMA TEMAN SEBAYA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Desi. S 2013. Peranan Mata Pelajaran PKn dalam Membina Sikap Toleransi antar Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Medan: Medan.

Allport, Gordon. (1954). The Nature of Prejudice. Cambridge, MA: Addison Wesley Hermawati, R., Paskarina, C., & Runiawati, N. (2017). Toleransi antar umat beragama di Kota Bandung. Umbara, 1(2).

Faridah, I. F. (2013). Toleransi Antarumat Beragama Masyarakat Perumahan. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 5(1).

Attabik dan Sumiarti. 2008. Pluralisme Agama: Studi Tentang Kearifan Lokal di Desa Karangbenda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Jurnal Peneltian Agama.Vol.9 JulDes:271-291.

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 61-70.

Tillman, Diane. 2004. PendidikanNilai Untuk Kaum Muda Dewasa (Terjemahan

Risa Pratono). Jakarta: GrasindoGaltung, J. (1967). Theories of Peace: A Synthetic Approachto Peace Thinking.

Oslo: International Peace ResearchInstitute.

http://repository.upi.edu/11393/6/S_PAI_1000 .

_Chapter3.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.