Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Implementasinya

Authors

  • Deby Sabina Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yayang Furi Furnamasari Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2427

Keywords:

Pancasila, Dasar Negara, Implementasi Pancasila

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadikan Pancasila sebagai dasar Negaranya. Pancasila dipilih menjadi dasar Negara Indonesia sebagai ideologi, sebagai jati diri, dan juga sebagai asas persatuan bangsa Indonesia. Implementasi Pancasila sebagai dasar negara sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia yaitu untuk menjaga eksistensi Bangsa Indonesia, karena di dalam pancasila terdapat nilai-nilai luhur setiap sila-sila Bangsa Indonesia yang sesuai dengan kepribadian dari Bangsa Indonesia itu sendiri. Tulisan ini memiliki tujuan agar memahami dan memparkan seputar pancasila sebagai dasar negara dan implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara deskriptif yang dasar pembahasan didapatkan dari berbagai sumber yang ada yaitu, jurnal dan artikel. Dengan topik yang diangkat yaitu Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasinya maka penulis tertarik menganalisis hal tersebut karena sangat penting untuk mengembangkan pengetahuan yang sangat penting untuk bangsa

 

References

Achi P. M. (2012) Implementasi Pancasila Dalam Sosial Budaya. 9

Ade, L. P. dkk (2020) Implementasi Pancasila dalam Pembangunan dibidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 7 (1)

Ani, S. R (2017). Pendidikan PancasiIa dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bunyanin, M. (2008). InternaIisasi NiIai-niIai PancasiIa dan NasionaIisme MeIaIui Pendidikan Kewarganegaraan.Educationis , 2 (2).

Eko, A. M, dkk (2016). Pembuktian Kekuatan Hubungan Antara NiIai-niIai PancasiIa dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (1).

H. Ahmad, M. dkk. (2007). Pendidikan PancasiIa. Universitas Gunadarma.

Huriah, R (2013). NiIai-niIai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan PancasiIa dan UUD1945. E-JournaI WIDYA Non-Ekstra, 1 (1).

Ilham, S. J. dkk (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Fungsi PancasiIa Sebagai

Weltanschauung dalam Upaya Mengatasi Merosotrya NiIai Kebangsaan. ELSE (Elementary School Education Journal). 3(2).

Nazir, M.(1998) Metode Penelitian. Ghalia Indonesia : Jakarta

Downloads

Published

10-12-2021

How to Cite

Sabina, D. ., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Implementasinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9103–9106. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2427

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check