Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Spinner untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Banjar 1

Main Article Content

Ana Nurhasanah
Reksa Adya Pribadi
Lila Kamila

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi disaat pembelajaran dilaksanakan dan tujuan dilaksanakannya penelitian ini agar peneliti bisa mengetahui bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Probem Based Learning dan implementasi penerapan media spinner di SDN Banjar 1. dan hasil penelitian menujukan bahwa penerapan  model pembelajaran Problem Based Learning dan media spinner sudah cukup baik karena siswa ikut serta aktif dalam proses pembelajaran dengan bantuan model pembelajaran Probem Based Learning dan  Media Pembelajaran Spinner yang disajikan dengan sekejap sangat ramai dan menyenangkan yang awalnya masih ada peserta didik yang pemalu kini semuanya menjadi ikut aktif dalam diproses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhasanah, A. ., Pribadi, R. A. ., & Kamila, L. . (2021). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Spinner untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Banjar 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9131–9135. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2431
Section
Articles of Research

References

Dewi. Dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Siliwangi. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian Dan Pengembangan. Vol. 1 No 3.

Dienulhaqqi. Dkk. 2021. Penerapan Model Discovery Learning Berbantu Media Spindu (Spin Edukasi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 4 SDN Wonotinggal Semarang. Jurnal Handayam. Vol. 12 No. 1.

Juliana Saputri,2020. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SPINNING WHEEL IMAGETERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN BATU BESSI KABUPATEN BARRU”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Makassar :Universitas Muhammadiyah Makassar

Pamungkas. Dkk. 2018. Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 4 SD. Vol. 3 No. 1.

Setyawati. Dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. Vol. 4 No.2.

Subakti, Hani. 2020. Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheel Kelas V SDN Samarinda Ulu. Jurnal Pendidikan dan bahasa Indonesia. Vol. 2 No. 2.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.