Proses Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pengintegrasian Pembelajaran

Main Article Content

Reksa Adya Pribadi
Intan Nurcahyaningrum
Illen Fitria Arlingga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penguatan karakter peserta didik melalui pengintegrasian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam Pengumpulan data, peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu studi obeservasi dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu beberapa peserta didik kelas IV SDN TUIS II. Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu proses penguatan karakter peserta didik melalui pengintegrasian pembelajaran belum cukup berjalan secara optimal walaupun belum maksimal karena masih terdapat kendala dalam penguatan proses karakter peserta didik yaitu pada karakter peserta didiknya sendiri masih ada kekurangan. Selanjutnya hasil penguatan karakter peserta didik, selanjutnya hasil penguatan karakter peserta didik melalui pengintegrasian pembelajaran sudah cukup baik walaupun belum sepenuhnya maksimal.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pribadi, R. A. ., Nurcahyaningrum, I. ., & Arlingga, I. F. . (2021). Proses Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pengintegrasian Pembelajaran . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9196–9200. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2443
Section
Articles of Research

References

Amri, sofan. dkk. 2011. Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter: konsep dan Implementasi. Bandung: Alvabeta.

Hidayah, Nurul. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 2(1).

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9): 282-285

Khoerul, A.M. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 2(2), 98.

Murfiah, Uum. (2017). Pembelajaran Terpadu (Teori dan Praktik Terbaik Di Sekolah). Bandung: PT Refika Aditama.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3): 466-477

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. 1(1): 115-124.

Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya offest.

Wijanarti, W. Nyoman, S.D. & Sri, U. 2019. Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendididikan. 4(3), hlm 393-398.

Most read articles by the same author(s)