Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah

Main Article Content

Ersha Meilani
Dinie Anggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila terhadap penumbuhan karakter siswa sekolah yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia. Dewasanya permasalahan karakter seringkali terjadi pada anak usia sekolah, diantaranya akibat pemahaman sikap benar dan salah yang minim dan kurangnya arahan dari pihak kedua yakni sekolah terkait pendidikan karakter. Pancasila sebagai ideologi memegang peranan penting dalam membangun karakter masyarakat Indonesia. Sehingga Pancasila harus bisa dipahami dan ditanamkan pada diri bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung dalam setiap butir Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Sumber data penelitian diambil dari jurnal ilmiah, buku elektronik beserta sumber lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai Pancasila dapat membentuk karakter anak sekolah melalui pengintegrasian dengan pembelajaran dan disertai dengan pembiasaan berdasarkan arahan guru. Pendidikan karakter yang bersumber dari Pancasila ini sudah sepatutnya terus diterapkan pada dunia Pendidikan, karena dengan hal tersebut kualitas bangsa Indonesia kedepannya akan lebih baik, dan sekolah mampu merencanakan pendidikan dan program-program serta kegiatan yang menanamkan nilai-nilai karakter dan melakukan pengendalian mutu sekolah secara berkarakter.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Meilani, E., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247–9258. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2455
Section
Articles of Research

References

Arismantoro. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Character Building Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syarkawi. 2011. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integrasi Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM.

Azra, A. (2006). “Pancasila dan Identitas Nasional Indonesia: Perspektif Multikulturalisme”. Dalam Restorasi Pancasila: Mendamaikan Politik Identitas dan Modernitas. Bogor: Brighten Press.

Cholisin. (2011).Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran PKn. Makalah disampaikan pada kegiatan MGMP PKn SMP Kota Yogjakarta, 18 januari 2011

Cogan, J.J. (1999). Developing the Civic Society: The Role of Civic Education, Bandung: CICED

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Doni Koesoema A (2009). Pendidik Karakter. Jakarta : Kompas Gramedia.

Gede Raka.(2007). Pendidikan Membangun karakter.http://www.jatidiribangsa.or.id

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan nasional Badan Penelitian dan Pendidikan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Ratna Megawangi.(2004). Pendidikan Karakter.

Rauf, M dkk. (2008). Refleksi Karkater Bangsa. Jakarta : UI.

Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter. 2010

Kemdiknas. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta.Pusat

Barnawi & Arifin. 2016. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Riyanto. 2010. 4 Model Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah: Antara Otonomi, Integrasi, Suplemen, dan Kolaborasi Read more about integrasi Pendidikan karakter dengan mata pelajaran by Kang Marfu. https://riyantosma9yk.wordpress.com.

Suyadi. 2013. Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda karya

Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah. Ta’allum. 3. (1). 58-76.

Chairiyah. (2014). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 1. (1).54-62.

Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2 .(1) 1-8.

Ali Miftakhu Rosyad. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah.

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/menerapkan-pendidikan-karakter-pancasila-dalam-lingkungan-sekolah/ [diakses pada tanggal 20 Oktober 2021]

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>