Penerapan Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan Siswa

Main Article Content

Ari Sujarwadi
Dinie Anggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran dan keterampilan kewarganegaraan (civic skills) yang dimiliki mahasiswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Keterampilan kewarganegaraan merupakan komponen yang sangat penting untuk dimiliki mahasiswa sebagai perwujudan warga negara yang baik (good citizen). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan yang menempuh mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan merefleksi hasil pengamatan selama pelaksanaan tindakan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran kewarganegaraan dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Meningkatnya partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran menjadikan proses belajar-mengajar dapat berlangsung secara efektif. Selain itu, melalui metode ini dapat meningkatkan keterampilan kewarganegaraan mahasiswa (civic skills) yang dimiliki mahasiswa. Hal itu dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan melakukan analisis terhadap permasalahan yang telah diidentifikasi oleh masing-masing kelompok.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sujarwadi, A. ., Dewi, D. A. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Penerapan Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9259–9264. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2456
Section
Articles of Research

References

Arliman, L. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara. Ilmu Hukum Unifikasi, 58-70.

Depdiknas. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan Kurikulum dan silabus.

Dewi, A. K., Hasanah, A. H., Rahmanisa, L., Nabila, K. H., & Adha, M. M. (2021). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Landasan Terbentuknya Karakter dan Wawasan Kebangsaan di Universitas Lampung. Respons Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menyambut Era Society 5.0, 125-135.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. Social Science and Education, 71-84.

Dianti, P. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menerapkan Karakter Siswa. Pendidikan Ilmu Sosial, 58-68.

Hariana, & Irwan. (2010). Nasionalisme dan Patriotisme di Indonesia.

Juliardi, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika, 119-126.

Kristiono, N. (2017). Pendidikan Generasi Muda dan Bela Negara. Semarang.

Nastiti, F. E., & Ni'mal 'Abdu, A. R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 5.0. Kajian Teknologi Pendidikan, 61-66.

Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Penelitian Ilmu Sosial, 1-6.

S, L. A. (2020). Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan pada Revolusi 4.0. Ensiklopedia Social Review, 2, 333-339.

Sekar Kinanti, M. R., & Kencana, A. L. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Standarisasi Pendidikan Menuju Era Human Society 5.0. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 447-452.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Pendidikan Karakter, 47-58.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: CV Alfabeta.

Widiyino, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Populika, 7, 12-21.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021, April). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>