Pemanfaatan Media Pembelajaran Loose Parts untuk Menstimulus Kreativitas Anak Kelompok B di Kober Peupado Malanuza
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2465Keywords:
Media Loose Parts, Kreativitas, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media loose part untuk menstimulasi kreativitas anak di Kober Peupado kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti akan secara spesifik alamiah menggambarkan data berupa fakta-fakta yang secara nyata berasal dari pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di kelompok B Kober Peupado Malanuza terdiri dari anak perempuan dan 15 anak laki-lakidengan jumlah 24 anak, sitematika pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan. Sumber data penelitian yang digunakan berasal dari kegiatan anak saat bermain loose parts dan hasil karya anak secara langsung didokumentasikan sebagai informan utama kemudian dideskripsikan berdasarkan cerita anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan kemudian diproses dengan cara sitematis agar keabsahan data terlihat dengan triangulasi menghasilkan kesimpulan dengan teknik analisis data menggunakan Miles & Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa anak-anak melakukan aktivitas bermain dengan imajinasi bagaimana menggunakan loose parts dalam membentuk angka dan menulis nama sendiri.Anak terlihat mampu dalam memanfaatkan alat bahan yang disiapkan oleh guru serta desain perencanaan pembelajaran yang tidak seperti biasanya yang di dominasi atau masih terpaku dengan buku. Anak sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran saat itu, kemudian memasuki kegiatan awal dengan menyusun nama dari batu yang sudah terkumpul serta menghitungnya. Anak membuat kreasi bebas dari bahan-bahan alam yang sudah terkumpulkan tadi dengan bahan seadanyan yang disiapkan oleh guru. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media loose parts dapat menstimulasi kreativitas anak dalam belajar.
References
Adi, S. S., Kusumawardani, I. N., & Fransisca, J. V. (2018). Peran Guru Dalammengelola Kelas Yang Digambarkan Dalam Film Beyond The Blackboardkarya Jeff Bleckner. Jurnal Edcomtech, 3(2).
Ahmad Susanto. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). Media Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kreativitas Berbahan Loose Parts Di Kelompok B Tk Kasih Ibu. Jurnal Ceria, 3(6), 553–558. Retrieved From Https://Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Ceria/Article/View/4894/Pdf
Fatmawijayati., J. (2018). Telaah Kreativitas. Retrieved From Https://Www.Researchgate.Net/Publication/328217424.
Fauziah, N. (N.D.). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. 2018, JIV, 8(1),. Retrieved From Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.0801.4
Heldanita Heldanita. (2016). Konsep Pendidikan Inklusif Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini:, 1 Nomor 3.
Lestariningrum, A. (2018). The Effects Of Traditional Game ‘Congklak’ And Self-Confidence Towards Logical Mathematical Intelligence Of 5-6 Years Children. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 3(1), 13–22. Https://Doi.Org/10.24269/Jin.V3n1.2018.Pp13-22
Mastuinda, Zulkifli, & Febrialismanto. (2020). Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Di PAUD Se- Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Reviewpendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 90–96.
Montolalu. W. (2008). Bermain Dalam Kelompok, Bermain Bola, Bermain Dengan Angka. Jakarta: Grasindo.
Mulyana., A. (2017). Pembelajaran Abad 21 Dan Kurikulum 2013. Retrieved From Https://Ainamulyana.Blogspot.Com/2017/03/Pembelajaran-Abad-21-Dan-Kuikulum-2013.Html
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas Pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.
Nurjanah, N. E. (2020). Jurnal Audi. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.
Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vol 1 No 1 (2017): Paud Lectura), 49–57. Retrieved From Https://Journal.Unilak.Ac.Id/Index.Php/Paud-Lectura/Article/View/503
Prameswari, T. W & Lestariningrum, A. (2020). STEAM Basedlearning Strategies By Playing Loose Parts For Theachievement Of 4C Skills In Children 4-5 Years. Jurnal Efektor, 7(1), 24–34.
Putri, M. D. W., Khasanah, I., & Kusumaningtyas, N. (2019). Loose Parts Play Merangsang Kemampuan Main Pembangunan Anak Usia Dini Di Era Society 5.0. Seminar Nasional PAUD 2019, 3(3), 181–185. Retrieved From Http://Conference.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Snpaud2019/Article/View/480/359
Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shabrina, E., & Lestariningrum, A. (2020). The Role Of Loose Partsplay In Logical Thinking Skill In KB Lab School. Journal Of Early Childhood Care And Education. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26555/Jecce.V3i1.1679
Siskawati, H. (2021). Efektivitas Media Loose Parts Di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.32832/Jpls.V14i2.4629
Sit. Masganti, Dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik). Medan: Perdana Publishing.
Siti Istianti. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Din. Cakrawala Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 Nomor 2.
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R.,Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM Pada Kreatifitas Anak Usia 5-6Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.305
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2017). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam. Early Childhood Education And Development Journal, 2(10), 1–5.
Yulianti. (2020). Loose Part Material Lengkap Otentikstimulasi PAUD. Bandung: PT Sarang Seratus Aksara.
Zakiyatul Imamahmuqowim Muqowim. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Motode Pembelajaran Berbasis STEAM And Loose Part. Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak. Https://Doi.Org/10.24090/Yinyang.V15i2.3917
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Yasinta Maria Fono, Efrida Ita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).