Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa

Main Article Content

Ai Siti Gina Nur Agnia
Yayang Furi Furnamasari
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemajuan teknologi  terhadap pembentukan karakter siswa yang dilakukan di suatu lembaga sekolah dasar SDN Jaya Bakti. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur.  Munculnya karakter seseorang dapat dilihat dari pembiasaan yang dilakukan dalam kehidupan dalam kemajuan teknologi ini, teknologi sudah semakin canggih dan menjadi pendukung kegiatan manusia. Kemajuan teknologi tersebut menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter seseorang khususnya seorang siswa sekolah dasar. Perkembangan sosial anak usia sekolah dasar sudah bertambah, dari yang awalnya hanya bersosialisasi dengan keluarga di rumah, kemudian berkembang mengenal orang orang di sekitarnya. Anak usia sekolah dasar ini juga sudah mengenal gaya hidup digital yaitu dengan adanya kemajuan teknologi itu sendiri. Pengalaman dan lingkungan juga berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa . sehingga dengan adanya metode tertentu, diharapkan mampu untuk mengetahui pengaruh kemajuan teknologi terhadap pembentukan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur Agnia, A. S. G. ., Furnamasari, Y. F. ., & Dewi, D. A. . (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331–9335. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2473
Section
Articles of Research

References

Adi Prasetyo, R. AMir, M., & Psi, M. (2017). Hubungan Antara Kecanduan Gadget (Smarthphone) Dengan Empati Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta ( Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ameliola, dkk. 2018. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi terhadap Anak dalam Era Globalisasi.

Anggraeni, R., Djamal, K. & Muhamamad, R. (2016). Perkembangan Teknologi Komunikasi, Kecanduanya dan dampak yang ditimbulkan. Gerakan Sosial. 1177.

Cooper, A. (2000). Seks Maya : The Dark Side of the Force : A Special Issue of the Jurnal Sexual Addication & Compulsivity. Philadelphia : G.H Buchanan.

Dahliyana, A. 2011. Menata Karakter Bangsa Melalui Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Kaelan, 2010. Pendidikan Pancasila “Edisi ke 9”’. Yogyakarta : Paradigma.

Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Pusat Kurikulum.

Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ngafifi, Muhamad. 2014.”Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya”. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Pondasi dan Aplikasi.

Rahmalah, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Rinjani, H. & Firmanto, A. (2013). Kebutuhan Afiliasi dengan Intensitas Mengakses Facebook pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan Vol. 01.No.01

Salsabila, U. 2020. Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pembentukan Karakter dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.

Sudrajat, 2010. Pengembangan Karakter.

Suwandayani, B. 2017. Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar. Malang : Semnas.

Suyanto, S. 2012. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini.

Tumbull, C. (2010). Mom just Facebooked me and dad knows how to text. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>