Strategi Pemasaran Air Minum dalam Kemasan Menggunakan Metode Fred R David pada CV.XYZ Nagan Raya

Main Article Content

Kasmawati Kasmawati
Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti

Abstract

XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pengolahan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terletak di desa Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya. Perusahaan ini memproduksi AMDK dengan kemasan dalam ukuran220 ml. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang sebaiknya dijalankan oleh CV. XYZ dalam memasarkan produknya. Metode Fred R David merupakan metode untuk usulan perbaikan untuk meningkatkan penjualan di CV. XYZ. Berdasarkan hasil penelitian  menunjukan  bahwa  hasil  dari  metode  Fred  R  David,  strategi  yang  harus dijalankan yaitu SO artinya perusahaan harus menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan nilai total nilai IFE (2,556169), EFE (2,786290) dan TAS (10,68492). Usulan perbaikannya untuk kekuatan yaitu air minum yang dihasilkan harus memiliki kualitas air TDS 0 dan tidak  berbau,  lokasi  pabrik  harus  dekat  dengan  sumber  mata  air  yang  berlimpah, meningkatkan jumlah agen sebagai jaringan distribusi dan memberikan harga yang bersaing kepada agen, dengan kualitas produk yang baik. Sedangkan untuk peluang yaitu air minum dengan merk kuades harus terkenal di kalangan masyarakat, kualitas airnya harus dijaga agar bagus dibandingkan produk lain dan jaringan distribusi perlu di perbanyak lagi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kasmawati, K., & Sofiyanurriyanti, S. (2021). Strategi Pemasaran Air Minum dalam Kemasan Menggunakan Metode Fred R David pada CV.XYZ Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9336–9345. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2474
Section
Articles of Research

References

David, FR. 2013. Manajemen Strategis Konsep Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.

Rahayu, R.P. 2015. Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Pariwisata Di

Kabupaten Jombang. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 3 (1): 122- 127.

Rangkuti, F.2013. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Rachmat. 2014. Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia.

Rochman. 2013. Perumusan Strategi Pengembangan Perusahaan Industri Kimia Pewarna Keramik Dan Pewarna Kaca Menggunakan Metode Fred R. David (Studi Kasus Di PT.ZX). Program Studi Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Dan II . Jakarta: PT Prenhallindo. Sofyan, A. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sutrisno. 2017. Formulasi Dan Evaluasi Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Di PT. Mitra Pinasthika Mulia. Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.