Perwujudan Nilai Sila Ke-dua Pancasila melalui Program Kegiatan Dokter Kecil di Sekolah Dasar

Main Article Content

Salwa Najmira
Yayang Furi Furnamasari
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program kegiatan Dokter Kecil di Sekolah Dasar ini mencapai keberhasilan akan perwujudan nilai-nilai kemanusiaan seperti yang terdapat pada poin ke-dua sila Pancasila. Hal ini didasarkan pada Lembaga Sekolah Dasar yang merupakan pendidikan formal awal bagi anak, dimana selama enam tahun di Sekolah Dasar anak di didik dan dibentuk karakternya agar menjadi pribadi yang cerdas, adil, beradab, dan tentunya menjunjung tinggi rasa kemanusiaan. Program kegiatan Dokter Kecil ini sebagai salah satu implementasi dan upaya pemupukan kesadaran siswa akan semua hal itu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Sumber data penelitian diambil dari jurnal ilmiah dan buku digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program kegiatan Dokter Kecil ini dapat menanamkan bibit-bibit unggul siswa yang mengedepankan nilai kemanusiaan dengan adil dan beradab. Maka, kegiatan ini sepatutnya dipertahankan agar tetap dapat melahirkan generasi yang emas dan menjadi garda terdepan dalam dunia kepalangmerahan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Najmira, S. ., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. . (2021). Perwujudan Nilai Sila Ke-dua Pancasila melalui Program Kegiatan Dokter Kecil di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9346–9350. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2475
Section
Articles of Research

References

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138.

Aliviameita, A., Purwanti, Y., & Wisaksono, A. (2019). Pelatihan Dokter Kecil Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Sidoarjo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 283–290.

Amareta, D. I., & Putra, D. S. H. (2016). Pendampingan Dokter Kecil di Sekolah Dasar Negeri Antirogo 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Prosiding.

Budiharjo, N. (2015). Pelatihan Dokter Kecil Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 2 Labuapi. Ganeç Swara, 9(2), 128–132.

Damayanti, K. (n.d.). Rancangan media buku cerita bergambar dokter kecil (dokcil) SD 03 Negeri Telukpinang Di Kabupaten Bogor Tahun. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif ….

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Handini, Y. (2015). Dukungan Media Informasi Pada Program Dokter Kecil Di Sekolah Dasar (Studi Kasus: SD Kartika X-3 Parongpong Kabupaten Bandung Barat). Universitas Komputer Indonesia.

Hidayati, L., & Suswardany, D. L. (2009). PENINGKATAN KETERAMPILAN DOKTER KECIL SEBAGAI UPAYA MEMAJUKAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI MADRASAH IBTIDA’IYAH MATHOLI’UL FALAH DESA BUKO KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113–118.

Mashudi, H. (2013). Pengelolaan program dokter kecil di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Malang. Universitas Negeri Malang.

Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar (Vol. 174). UNY Press.

Rahayu, K. R. (2014). Gambaran Pengetahuan Anak Usia Sekolah Setelah Mengikuti Pelatihan Dokter Kecil. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(3), 222–224.

Rahmawati, E. I., & Soetopo, H. (2015). Manajemen Usaha Kesehatan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(6), 571–577.

UTAMI, R. (2017). PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DOKTER KECIL DI SEKOLAH DASAR. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

Wulandari, N. K. A., Wahyudi, N. D., Ratnadi, N. N. A., & Febriyanti, M. (n.d.). AKTIVASI DOKTER KECIL SEBAGAI GARDA KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 20–24.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>