Perkembangan Personality dan Sosial Anak Usia Dini

Main Article Content

Lisa Yunita
Delfi Eliza

Abstract

Dewasa ini, perkembangan kemajuan Indonesia kerap dibumbui oleh tindakan yang buruk. Bertambahnya perkara korupsi, eksploitasi serta kejahatan merupakan bukti dari tindakan asusila. Perbuatan ini merupakan hasil dari watak individu. Perkembangan watak diawali pada usia emas 6 tahun atau pendidikan anak usia dini. Perkembangan sosial seorang anak begitu bergantung pada pribadi anak tersebut, peranan orang tua, kawasan sosial serta sekolah. Terdapat hubungan kuat diantara personality sosial dan usia kanak-kanak yang ceria. Kapasitas beradaptasi dengan lingkungan anak. Jika anak-anak dirawat pada usia kanak-kanak, mereka akan berbuah ketika mereka dewasa. Perkembangan sosial dalam kawasan keluarga bisa terpengaruh bermacam faktor: status perkawinan, keharmonisan keluarga, tingkah laku serta kesedehanaan orang tua. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua dan pendidik untuk melakukan hal-hal positif. Landasan pribadi anak adalah mendidik anak dalam kasus-kasus tertentu, kurang mendapatkan nasehat positif yang cukup, mengajari anak cara mengontrol emosi, menghukum, melaksanakan program reward, dan sejak kecil Mengenalkan Allah SWT serta agama, jadi panutan pribadi yang baik, pengawasan anak secara sosial, awasi penglihatan anak, awasi anak dengan teknologi internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yunita, L., & Eliza, D. (2021). Perkembangan Personality dan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9671–9678. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2487
Section
Articles of Research

References

Ayuningsih, Diah. 2010. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Pustaka Larasati

Chamidah, N.A. 2009. Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus. Volume 2 No. 5.http://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/download/789/613. Diakses 10 Desember 2022.

Daviq Chairilsyah. 2012. Embentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. Educhild. Vol.01 No.1 Tahun 2012.

Farida Mayar. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013, hlm. 459-464.

Hurlock, Elizabet B. Perkembangan Perkembangan Anak Jilid I, edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Jenny Gichara. 2006. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.

Muhammad, Hamid. 2011. Petunjuk Teknis penyelengaraan Taman kanak-kanak. Jakarta: Kemendiknas

Rizzo. 1990. Friendsip Developmen Among Cildren in Scool. Norwood, New Jersey: Ablex Publishing Corporation

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sujiono Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sumadi Suryabrata. 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Most read articles by the same author(s)