Pengaruh Game Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Digital Literacy di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang Kabupaten Merangin

Authors

  • Delfi Eliza Magister Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Desi Karmila Magister Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2490

Keywords:

Game Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri, Digital Literacy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Game Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan  Digital Literacy di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang Kabupaten Merangin  Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen atau penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan game interaktif  berbasis model pembelajaran inkuiri. Game interaktif  berbasis model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan digital literacy di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang Kabupaten Merangin. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan digital literacy anak dikelas eksperiment yang menggunakan game interaktif berbasis model pembelajaran inkuiri lebih tinggi (82) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan game berbasis Aplikasi (75).

References

Al-tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenada Media Group:Jakarta

Arikunto, Suhartini 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT Hasbi Mahasatya.

Departeman Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta:PT Gramedia

Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press.

Tibor, Koltay. (2011). The media and the literacies: media literacy, information literacy, digital literacy. Media, Culture & Society 33(2) 211–221

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Penerbit: BP Citra Jaya. Jakarta.

Downloads

Published

19-12-2021

How to Cite

Eliza, D., & Karmila, D. (2021). Pengaruh Game Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Digital Literacy di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang Kabupaten Merangin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9737–9744. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2490

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check