Hubungan Komunikasi Persuasif dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Musrenbang Nagari (Studi Pada Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Main Article Content

Rita Riswanti
Ernita Arif
Indradin Indradin

Abstract

Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) merupakan mekanisme perencanaan pembangunan di daerah yang melibatkan partisipasi dari masyarakat. Penyeleggaraan Musrenbang merupakan salah satu tugas Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintahan, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi (Mustanir, 2019). Idealnya pelaksanaan musrenbang melibatkan masyarakat/stakeholder yang secara bersama-sama memikirkan bagaimana membiayai dan mengimplementasi hasil musrenbang. Merujuk pada hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa proses perencanaan pembangunan yang disampaikan kepada masyarakat selama ini masih mementingkan isi pesan ketimbang bentuk komunikasi. Hal ini membawa impliksi pada hilangnya arti dan makna pesan. Dalam melakukan penelitian, teori membantu penelitian dalam penentukan tujuan dan arah penelitian dan dalam memilih konsep-konsep yang tepat guna pembentukan hipotesis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan tentang sesuatu gejala atau fenomena tertentu. Penelitian ini menggunakan metode servey yaitu suatu upaya untuk mengumpulkan informasi dari responden dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan pada partisipan Musrenbangnag di Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Informasi dikumpulkan melalui beberapa pertanyaan dalam kuesioner atau angket. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan pengambilan sampel acak sederhana (Simple random sampling). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan  Kuesioner, Wawancara, observasi. Penentuan kriteria sampel diperlukan untuk menghindari timbulnya kesalahan dalam penentuan sampel penelitian yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap analisis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riswanti, R., Arif, E., & Indradin, I. (2021). Hubungan Komunikasi Persuasif dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Musrenbang Nagari (Studi Pada Nagari Bukit Bual Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9705–9713. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2491
Section
Articles of Research

References

Atthabari, A. J. (2019). Teknik Komunikasi Persuasif Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multisitus Di Mim Plus Suwaru Bandung Tulungagung Dan Mi Al-Huda Rejowinangun Trenggalek) (Doctoral Dissertation, Iain Tulungagung).

Afandi, P. (2016). Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Deepublish.

Agustiani, Y. S., & Solihat, Y. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur Desa di Desa Cihambulu Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(2), 187-195.

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.

Ali, S., Yusuf, M., & Fielnanda, R. (2019). Dampak Pengelolaan Perusahaan Berbasis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Usaha Perusahaan Pt. Sukses Gemilang Palem (Sp-Sgp) Desa Limbur Tembesi Kecamatan Bathin Viii Kabupaten Sarolangun (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin).

Askar, A. (2019). Dimensi Keterlibatan Masyarakat Dalam Program Pembangunan. Jurnal Sosio Sains, 5(1), 53-61.

Ayuhan, Konsep Pendidikan Anak Salih dalam Perspektif Islam (Yogyakarta :Deepublish, 2018), h. 26.

Daud, Y. (2019). Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Fisik (Studi Di Dusun Aholeang Desa Mekkatta Kecamatan Malunda Kabupaten Majene). Mitzal (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 2(2).

Destiliani, S. (2020). Komunikasi Persuasif Terhadap Remaja Penyandang Disabilitas dalam Pembinaan Mental Spiritual di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sukarame (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dinillah, U., & Sf, A. K. (2019). Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pada Akun@ Tentangislam Dan@ Harakahislamiyah). Kaganga Komunika: Journal Of Communication Science, 1(1), 54-67.

Engkus, E. (2018). Perspektif Administrasi Pembangunan: Menuju Ke Arah Konvergentif. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(2), 190-201.