Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada siswa kelas V.b SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Main Article Content

Yuswita Yuswita

Abstract

Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan di kelas V.b SDN 18 Pasaman ditemukan  hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sangat rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai dengan hasil ujian semester I Tahun Ajaran 2019/2020, hanya 48% siswa yang tuntas. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning di Kelas V.b SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas V.b SDN 18 Pasaman, yang berjumlah 20 orang.  Berdasarkan hasil analisis lembar observasi guru dan siswa selama proses muatan IPA diperoleh hasil pada siklus I dengan rata-rata 64,37 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82,50 Sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 75 pada ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 50% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuswita, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada siswa kelas V.b SDN 18 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9400–9405. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2497
Section
Articles of Research

References

I Wayan Dasna, dkk. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-BasedLlearning).http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/19/pembelajaran-berbasis-masalah/(Online) Diakses tanggal 15 Mai 2020.

Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Suharsimi, Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik

Jakarta : Prestasi Pustaka.

----------. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Wardhani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka