Retorika Dalam Pidato Presiden Jokowi “Global Health Summit" Serta Rekomendasinya Dalam Materi Ajar Teks Pidato

Authors

  • Christina Ayunda Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Ferina Meliasanti Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Hendra Setiawan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2507

Keywords:

Pidato, Retorika, Prinsip Retorika

Abstract

Pidato adalah bagian dari retorika politik, pidato diartikan sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan melalui berbicara di depan umum dengan public speaking. Pidato dan retorika sering kali digunakan sebagai alat komunikasi dibidang politik dan ekonomi, hal itu terjadi karena mempunyai tujuan dan bentuk yang hampir sama yaitu untuk mempengaruhi orang lain Kurangnya pemahaman siswa tentang pidato, peneliti bertujuan untuk meneliti berdasarkan prinsip-rinsip retorika. salah satu pidato yang disampaikan Presiden Jokowi terkait masa pandemi. Pidato yang akan peneliti teliti berjudul Global Health Summit yang ditayangkan melalui chanel Youtube dan laman resmi Sekretariat Presiden. Pidato ini berdurasi 6.09 menit disampaikan pada 21 Mei 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif untuk mendeskripsikan prinsip pidato Presiden Jokowi yang berjudul Global Health Summit. Hasil dari penelitian ini yaitu deskripsi dari setiap prinsip retorika dan dibuktikan dengan kutipan-kutipan dari pidato meliputi Inventio (penemuan), Disposito (Penyusunan/pen gaturan), Elocutio (Gaya), Memoria (Ingatan/Memori), dan Pronountiatio (Penyampaian).

References

Arikunto & Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrijal, F. (2019). Analisis Penerapan Prinsip Retorika di Panggung Debat Antar Calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 29-46.

https://covid.go.id diakses pada tanggal 28 November 2021 pukul 11.00 WIB

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, H. G. 2013. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Nawawi, Hadari dan Hartini, Mimi. 1998. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moleong, L. J., & MA, D. Moleong, Lexi J.(2014).” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

20-12-2021

How to Cite

Ayunda, C. ., Meliasanti, F. ., & Setiawan, H. . (2021). Retorika Dalam Pidato Presiden Jokowi “Global Health Summit" Serta Rekomendasinya Dalam Materi Ajar Teks Pidato. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9464–9470. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2507

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check