Proses Penguatan Karakter Disiplin Belajar pada Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Main Article Content

Syifa Ersya Agustin
Syefi Ersya Agustin
Reksa Adya Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi proses penguatan karakter disiplin belajar siswa kelas lima dalam pembelajaran jarak jauh di SDIT Alia Nurul Jihadi. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Maka dari itu peneliti ingin mengamati bagaimana cara guru dalam memberikan penguatan karakter disiplin belajar siswa kelas lima pada pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi proses penguatan disiplin belajar siswa di SDIT Alia Nurul Jihadi selama pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan menciptakan strategi lingkungan disiplin belajar, memberikan pembiasaan sikap disiplin, dan menjadikan diri (guru) sebagai contoh dan tauladan yang baik bagi siswanya.  Sehingga dari adanya strategi tersebut, guru mampu meningkatkan sikap disiplin belajar pada siswa kelas lima selama pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Agustin, S. E. ., Agustin, S. E. ., & Pribadi, R. A. . (2021). Proses Penguatan Karakter Disiplin Belajar pada Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9486–9491. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2510
Section
Articles of Research

References

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1-12.

Anisa, R., & Jerusalem, M. A. (2019). Program Petugas Kedisiplinan Kelas Inovasi Penanaman Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 77-86.

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi pendidikan nilai karakter di Sekolah Dasar melalui budaya sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247-255

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. FUNDADIKDAS: Fundamental Pendidikan Dasar, 1(2), 90–100.

Pohan, I. S. (2020). PENERAPAN NILAI-NILAI KETELADANAN OLEH GURU SERTA IMPLIKASINYA BAGI PERILAKU SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 054874 DESA SELAYANG KECAMATAN SELESAI-LANGKAT. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(2), 91-97.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3 Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229-243.

Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 150-159.

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290-302.

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295.

Most read articles by the same author(s)