Implementasi Pendidikan Karakter dalam Menanamkan Nilai Peduli lingkungan Kebersihan Sekolah Melalui Hadits di SD Islam Az-Zahrah Palembang

Main Article Content

Zaenuri Zaenuri
Muqowim Muqowim

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat yaitu tentang bagaimana penanaman karakter  peduli lingkungan disekolah dan bagaimana implementasi guru dalam menanamkan nilai-nilai kebersihan melalui hadits. Dari permasalahan yang muncul tersebut diharapkan mampu menjadikan diterapkan oleh siswa baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan rumahnya. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, pendidikan karakter dapat digunakan sebagai upaya terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan meninteralisasi nilai-nilai kebersihan sehingga peserta didik berperilaku sebagai manusia yang berkarakter dan memiliki kepribadian luhur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang  digunakan penelitian ini dimaksud untuk memperoleh informasi mengenai pendidikan karakter siswa dalam menanamkan peduli lingkungan melalui hadist kebersihan disekolah. Adapun sumber data dalam penelitian ini mencakup sumber primer dan sekunder. Sumber data primer disini yaitu guru di SD Islam Az-Zahrah Palembag. Kemudian hasil dari penelitian ini yaitu, pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru menanamkan karakter dalam menjaga kebersihan kepada siswa, terutama dengan menunjukkan bagaimana cara menjaga kebersihan ketika pembelajaran di kelas. Kemudian dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan bahwasanya implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan ini tercipta adanya pembiasaan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya, dan siswa ditanamkan nilai akibat dari bahayanya membuang sampah sembarangan. Selanjutnya dalam penanaman nilai hadits tentang kebersihan bahwasanya guru melakukan kegiatan rutin untuk siswa agar selalu melafalkan hadis terkait kebersihan setiap hari Jum'at bersamaan dengan muroja'ah hafalan surah-surah pendek. Selain itu, wali kelas dan guru pendamping keagamaan menjelaskan makna dari hadis dan bagaimana penerapan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari juga siswa selalu ditanmkankan pemahaman agar selalu mengingatkan sesama teman untuk menjaga kebersihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zaenuri, Z., & Muqowim, M. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Menanamkan Nilai Peduli lingkungan Kebersihan Sekolah Melalui Hadits di SD Islam Az-Zahrah Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9583–9590. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2530
Section
Articles of Research

References

Agustina, Anita. 2021. “Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan.” Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin 1 (2): 96–104.

Aulia, Afianda Ghinaya. 2021. “Kebersihan Dan Kesehatan Lingkungan Menurut Hadis.” Jurnal Riset Agama 1 (1): 187–96.

Efendi, Nofriza. 2020. “Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4 (2): 62..

Ismail, M. Jen. 2021. “PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH.” Guru Tua?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4 (1): 59–68.

Luthfiyah, Muh Fitrah &. 2018. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Marjohan, M, dan Ria Afniyanti. 2018. “Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3 (1): 111–26.

Marwanti, Endah, dan Irfan Adi Nugroho. 2021. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PENDIDIKAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 7 (2).

Purwanti, Dwi. 2017. “PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1 (2).

Rezkita, Shanta, dan Kristi Wardani. 2018. “PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 4 (2).

Wardani, Diyan Nurvika Kusuma. 2020. “Analisis Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1 (1): 60–73.