Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Main Article Content

Farida Mayar
Yeni Astuti

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah peran gizi dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini?. Sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah gizi dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian library research, analisis kualitatifnya menggunakan data model Miles dan Huberman, analisis data menggunakan siklus miles dan huberman yang meliputi reduksi data, model data, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan pada penelitian ini kredibilitas, transferbility, ketergantungan, dan kepastian sehingga penelitian ini dapat diketahui keabsahannya. Hasil penelitian ini adalah bahwa gizi/ nutrisi sangat  berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Gizi atau nutrisi merupakan komponen yang harus ada dan keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh terutama dalam proses tumbuh kembang fisik, sistem saraf dan otak, serta tingkat intelektualitas dan kecerdasan manusia. Pemenuhan kebutuhan gizi (nutrien) merupakan faktor utama untuk mencapai hasil tumbuh kembang agar sesuai dengan potensial genetik. Pertumbuhan adalah setiap perubahan tubuh yang dihubungkan dengan bertambahnya ukuran-ukuran tubuh secara fisik dan struktural. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh anak yang lebih komplek

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mayar, F. ., & Astuti, Y. . (2021). Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9695–9704. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2545
Section
Articles of Research

References

Benjamin caballero, dkk, 2005, Human Nutrition, (Oxford, UK Elsevier Academic Press)

Dewi Endah Kusumaningtyas, dkk, 2017, Pola Pemberian Makanan Terhadap Status Gizi Usia 12-24 Bulan pada Ibu Bekerja, Public Health Perspective Journal 2 (2)

Eka Mishbahatul Mar'ah Has, 2002, The Development of Nutrition Demand Enquiry Model for Preschool-Aged Children Based on Health Promotion Model, (Jurnal Ners Vol. 7 No. 2)

Endang rini sukamti, 1994, pengaruh gizi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak, cakrawala pendidikan nomor 3

Fiona watson, dkk, 2019, Pembangunan Gizi di Indonesia, (Jakarta Pusat; Direktorat kesehatan dan gizi masyarakat kedeputian pembangunan manusia masyarakat dan kebudayaan, kementerian PPN / Bappenas)

Gerald Wiseman, 2004, Nutrition and Health, (London :Published in the Taylor & Francis e-Library)

https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/gizi-balita/nutrisi-gizi-anak-setiap-usia/diakses-tanggal-13-10-2021

Milya sari, dkk, 2020, Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), ISSN: 2715-470X(Online)

Setiawati, dkk, 2020, Hubungan Status Gizi Dengan Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita 1-3 Tahun, (holistik jurnal kesehatan, Vol 14, No 1)

Neni sintia, dkk, 2019, Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Dengan Model Outbond, Jurnal CARE 6 (2)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>