Analisis Penggunaan Diksi pada Artikel Berita Online Radar Karawang Sebagai Bahan Ajar

Main Article Content

Mela Meldiana
Dewi Herlina Sugiarti
Uah Maspuroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengunaan-penggunaan diksi, jenis-jenis diksi yang digunakan serta ketidaktepatan atau kesalahan penggunaan diksi atau pilihan kata pada artikel berita harian Radar Karawang online penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini peneliti menganalisis penggunaan diksi pada artikel berita harian Radar Karawang online, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak dan catat, sumber data penelitian ini berasal dari artikel berita Radar Karawang yang berupa online hasil penelitian ini nantinya akan digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan  yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat 91 data yang diperoleh yaitu: (1) penggunaan diksi bermakna umum dan khusus terdapat 38 data, (2) penggunaan diksi bermakan konotasi dan denotasi terdapat 40 data, (3) penggunaan kata hampir bersinonim terdapat 8 data, (3) kelangsungan pilihan kata terdapat 4 data, (4) kata yang mirip ejaan terdapat 1 data. Penggunaaan diksi  ungkapan akhiran asing, ungkapan idiomatik, perubahan makna yang sudah dikenal, penggunaan kata indria, kata-kata ciptaan sendiri yang tidak ditemukan penggunaannya dalam artikel berita harian Radar Karawang online. Dari hasil yang diperoleh berdasarkan pengamatan peneliti secara mendalam dari penggunaan bahasanya cukup ringan dan kesalahan yang ditemukan hanya sedikit maka penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Meldiana, M. ., Sugiarti, D. H. ., & Maspuroh, U. . (2021). Analisis Penggunaan Diksi pada Artikel Berita Online Radar Karawang Sebagai Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9918–9927. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2556
Section
Articles of Research

References

Alfi, Sailin dkk. 2020. Analisis Penggunaan Diksi dan Pola Berita Hoaks Pada Whattsap. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (1). 1-18.

Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Faizah, Rifqi. 2015. Penggunaan Diksi dalam Media Sosial Facebook dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Fakultas Ilmu Tabbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah. Jakarta.

Irfariati.(2013) .”Diksi dalam Retorika Anas Urbaningrum”. Madah. 4 (1). 12.

Kartini, Siti. 2013. Analisis Penggunaan Diksi Pada Berita Utama Tangsel Pos Sebagai Sumber Ajar Untuk Tingkat SMP. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Keraf, Gorys. 2016. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Khudi Kamal. 2019. Teknik Penulisan Berita di Media online Lembaga Kantor Berita Nasional Antara Biro Provinsi Jambi. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin. Jambi.

Mochammad, Sinung Restendy. 2016. Daya Tarik Jurnalistik, Pers, Berita dan Perbedaan Peran dalam News Casting. 4 (2): 1-12.

Moh, Abdillah. 2019. Penggunaan Diksi Pada Iklan di Info Kota Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. 4 (3). 17.

Moleong, Lexy. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pribadi, Benny dan Dewi A. Padmo Putri. 2019. Pengembangan Bahan Ajar. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Rani, Ni luh RM. 2013. Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas Terhadap Nilai Berita”. Jurnal Ilmu Komunikasi. 10 (1). 83-96.

Satono. 2014. Penggunaan Diksi dalam Karangan Narasi Siswa Kelas VIII Mts Fathul Ibaad Mekarbakti Panongan Tenggerang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Toha, Makhshun. 2018. Pengaruh Media Massa dalam Kebijakan Pendidika. Jurnal Pedidikan Agama Islam. 1 (1). 57-58.

Widarmanto, Tjahjono. 2017. Pengantar Jurnalistik. Yogyakarta: Araska Publisher.