Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V

Authors

  • Kriska Apriliya Dwi Wulandari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Nurita Primasatya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Wahid Ibnu Zaman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2562

Keywords:

Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Volume Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia interaktif dengan aplikasi Adobe Animate cc2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran Matematika materi Volume Bangun Ruang untuk siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini didasarkan pada hasil uji validasi : (1) ahli media yang menyatakan media sangat valid dengan skor 98%; (2) ahli materi Matematika yang menyatakan sangat valid dengan skor 96%; dan (3) guru kelas yang menyatakan sangat praktis dengan skor 98%. Adapun pada tahap uji coba terbatas diperoleh nilai rata-rata 83 (sangat baik), sedangkan uji coba luas diperoleh nilai rata-rata 91 (sangat baik) sehingga penggunaan multimedia interaktif lebih dari nilai 75 yang artinya sudah memenuhi KKM maka media multimedia interaktif dinyatakan efektif.

 

References

Aqib, Zainal. 2016. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mukmin, B. A.,& Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211-226.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Peraturan Menteri Pendidikan No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, tersedia online : https://bsnp-indonesia.org/. Diunduh pada 13 Maret 2021.

Pribadi, A Benny. 2019. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ruqoyyah, Siti, dkk. Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta. CV Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, tersedia online : https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/. Diunduh pada 13 Maret 2021.

Downloads

Published

17-12-2021

How to Cite

Dwi Wulandari, K. A. ., Primasatya, N. ., & Zaman, W. I. (2021). Pengembangan Multimedia Berbasis Adobe Animate untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9963–9972. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2562

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check