Peningkatan Efisiensi Produksi dan Penjualan UMKM Batik Toar Mandiri melalui Pemanfaatan E-Commerce

Main Article Content

Ilham Hudi
Riko Erfandi
Sindi Mita Yuningsih
Yulia Damayanti

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan UMKM  Batik Toar mandiri. Lokasi mitra berada di Dusun 02 Desa Toar, Kecamatan gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, yang dilakukan oleh Mahasiswa Kelompok 4 KKN UMRI. Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun strategi peningkatan pemasaran dan efisiensi produksi usaha agar kedepannya semakin meningkat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode deskriptif menggunakan tahapan survey pendahuluan dengan melakukan pengumpulan data primer dan sekunder. Selama Kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung, para Mahasiswa KKN Kelompok 4 Universitas Muhammadiyah Riau  melakukan  pendampingan tentang penggunaan E-Commerce bagi UMKM juga tidak lupa melaksanakan perancangan E-Commerce yang sesuai dengan kebutuhan UMKM. Hasilnya sekarang UMKM Batik desa Toar  telah memiliki sistem E-Commerce dengan memanfaatkan website yang telah di buat sebelumnya.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hudi, I. ., Erfandi, R. ., Yuningsih, S. M. ., & Damayanti, Y. . (2021). Peningkatan Efisiensi Produksi dan Penjualan UMKM Batik Toar Mandiri melalui Pemanfaatan E-Commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7–12. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2600
Section
Articles of Community Service

References

Bentley, L. D., & Whitten, J. L. (2007). Systems Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill

Chaffey, D. (2009). E-Business and E- Commerce Management (4th ed.). Essex: Pearson Education.

Kosasi, S. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (SNASTIA), 110-119.

Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 195, 142-150.

Suyanto, M. (2003). E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi