Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. PLN(Persero) Solok Selatan”

Main Article Content

Riza Yonita
Thesa Alif Ravelby
Deni Suwandhani
Suhery Suhery

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk melihat bagai mana gaya kepemimpinan dan  bagaimana lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT PLN (Persero) Solok Selatan.Poulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah keseluruhan karyawan yang berkerja pada PT PLN (Persero) Solok Selatan yang berjumlah 43 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. pengumpulan data diperoleh dari hasil pengisian, dengan teknik analisis meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji linier berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi , uji t dan uji f. Dari hasil penelitian data yang di gunakan secara keseluruhan di nyatakan valid (Sig. 2-tailed) kurang dari 0,05. variabel gaya kepemimpinan(X1) yang bernilai positif menunjukkan bahwa adanya pengaruh hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinani terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Solok Selatan, Hasil penelitian variabel lingkungan kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung<ttabel( 2,301< 1,681 ) dengan tingkat signifikan (0,27) Hasil uji F, didapatkan nilai F hitung35,736 > F tabel 2,82dengan nilai sig 0.000< 0,05, makaH3 diterima dan Ho ditolak. Hasil nilai R2 adalah 0,641. Hal ini dapat diartikan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerjadengan persentase sebesar 64,1%, sedangkan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yonita, R. ., Ravelby, T. A. ., Suwandhani, D. ., & Suhery, . S. (2021). Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. PLN(Persero) Solok Selatan”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10319–10325. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2619
Section
Articles of Research

References

Abid,Muhamad & Andi,Dede.2020. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan KopensasiTerhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT.Citra Rasa Betawi “. (JENIUS Vol 4, No 1 2020)

Astuti. Rini & Iverizkinawati. 2019. Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan. Jurnal Ilmu Manajemen 6 (1).

Badriyah, Mila., 2015.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV Pustaka Setia

Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Hadari Nawawi. 2017. Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif. Yogyakarta: UGM Press

Indrasari Meithiana, Syamsudin Nur, Purnomo. Bambang Raditya, Yunis Eddy.2018. Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Dosen. Akademika Jurnal Manajemen, Akutansi dan Bisnis. 16(1) 51-59

Badriyah, Mila., 2015.Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : CV Pustaka Setia

Satrio Priambodo (2019). “Pengaruh Motivasi Sebagai Mediasi Kepemimpinan dan Kompetensi terhadap Kinerja pada PT. PLN (Persero) Area Surabaya Utara”. (Jurnal Ilmu Manajemen Vol.7, No.4.

Siagian. Tomy Sun & Khair. Hazmanan. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Konerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 1(1),59-70

Soebagiyo.Slamet, Riany. Yulia Eva, Rosita.Tita. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Politeknik Negri Batam. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6 (5) 2495-2508.

Suhery, Ravelby. Thesa Alif , Sutiyem, Linda. Muthia Roza, Nurofik. Agus. 2020. Pengaruh Self-Efficacy dan Employee Engagement terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Perbankan di Padang. Jurnal Ilmiah Media Bina. Vol 15. No 4.

MR Linda. R Yonita. 2018. The Effect of Job Satisfaction and Perceived Organizational Commitment Of Banks Employees In Padang. Advances In Economics, Business and Management Research. Atlantis-Press. 57 (216-222).

Suwanto, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap

Kinerja Karyawan Unit Telesales Pada PT BFI Finance Indonesia TBK. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2)

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta.

Umar, Husein., 2015.Metode Penelitian Untuk Skripsi dan tesis Bisnis, Edisi Kedua. Cetakan ke tigabelas. Jakarta : Graha Akuntan.

Waworundeng. Tommy, Areros.William A. Rumawas Wehelmina. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawa ( Studi Pada Karyawan PT.Wenang Cemerlang Press). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 11(2). 85-92.