Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Video Animasi di Kelas IV SD Negeri 17 Pekanbaru

Main Article Content

Vania Desiyanti
Zaka Hadikusuma Ramadan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tematik berbasis video animasi yang valid untuk pembelajaran tema 7 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4. Media pembelajaran ini ditujukan untuk dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran . Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini menggunakan tiga tahap. (1) tahap define yaitu analisis terhadap guru dan siswa, analisis kurikulum analisis materi, analisi indikator dan tujuan pembelajaran (2) tahap desain yaitu melakukan rancangan terhadap produk sesuai dengan kebutuhan. Memilih perangkat lunak yang digunakan dalam membuat media, peneliti juga menyusun instrumen penelitian yaitu lembar validasi, (3) tahap development yaitu melakukan pembuatan media, uji validitas. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran  ahli Bahasa, ahli materi, ahli media pada pembelajaran 3 92,23% dan pembelajaran 4 91,47%. sangat layak digunakan tanpa revisi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Desiyanti, V. ., & Ramadan, Z. H. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Video Animasi di Kelas IV SD Negeri 17 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10375–10382. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2637
Section
Articles of Research

References

Ahmadi, Farid & Ibda, Hamidulloh. (2018). Media Literasi Sekolah. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Kota Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Khasanah Nur, dkk. (2021). Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (1).(25)

Kurniawan, Dian & Dewi, Santi Verawati. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi. 3(1),(219).

Prastowo, Andi. 2015. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PERNADAMEDIA GROUP.

Purba, A. Ramen dkk. (2020). Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rosady, Ahmad Ivan dkk. 2018. Pengembangan multimedia pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMP. Respository Unja. Hal 1-10.

Switri, Endang. (2019). Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Surabaya: CV. Pnerbit Qiara Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: ALFABETA, cv.

Tanujaya, Chesley. (2017). Perancangan Standar Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 2(1),(95)