Pendampingan Penggunaan Aplikasi Pemol Bersama Ibu-Ibu Rumah Tangga di RW 13 Kelurahan Tuah Karya

Authors

  • Mentari Dwi Aristi Fakultas ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Muhammad Asaluddin Tambak Fakultas teknik, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Setya Nanda Fakultas llmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Riau , Indonesia
  • Lutfi Aprillia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Asih Hendrina Fakultas MIPA dan Kesehatan,Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Tulus Na Duma Fakultas MIPA dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2655

Keywords:

Sampah, Pemol

Abstract

Sampah adalah bahan yang tidak terpakai atau dibuang dari sumber aktivitas manusia dan proses alam. Kurangnya pengetahuan tentang pengolahan sampah membuat masyarakat kurang memperhatikan dampak yang ditimbulkan. Setiap saat, pengolahan sampah dengan metode TPA dimana sampah diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau diambil oleh pemulung dan sisanya dibakar atau dibuang dalam waktu yang lama. Solusinya bukanlah alternatif yang tepat, karena tempat pembuangan sampah tidak berkelanjutan dan menimbulkan masalah lingkungan. Sampah yang sudah dipisahkan terkadang juga masih menjadi kendala dalam hal penjemputan dan pendistribusiannya. Keresahan terhadap lingkungan yg semakin tidak terawat terutama dalam permasalahan sampah menjadi dasar terbentuknya aplikasi Pemol. Pemol (pemulung online) adalah aplikasi mobile penjemputan sampah daur ulang yang membantu untuk mengelola sampah dengan konsep digital, dengan menggunakan aplikasi ini masyarakat dapat menjual sampah daur ulang mereka secara digital dan diharapkan dapat menjadi solusi dalam permasalahan sampah.

References

Imah, “Penyuluhan 4r (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dan Kegunaan Bank SampahSebagai Langkah Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Ekonomisdi Desa Mojowuku Kabupaten Gresik,” Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, Vol. 03, No. 01, hal 22–28, Januari 2018.

Ernawaty, “Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru,” Dinamika Lingkungan Indonesia, Vol. 6, No. 2, p 126-135, Juli 2019

Downloads

Published

05-01-2022

How to Cite

Dwi Aristi, M., Asaluddin Tambak, M., Nanda, S., Aprillia, L., Hendrina, A., & Na Duma, T. (2022). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Pemol Bersama Ibu-Ibu Rumah Tangga di RW 13 Kelurahan Tuah Karya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10477–10483. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2655

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check