Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat dalam Berinvestasi di Pasar Modal

Authors

  • Nurliza Nurliza Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Pitri Pitri Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Yulia Erisya Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2677

Keywords:

Manfaat, Modal, Motivasi, Edukasi, Pasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manfaat investasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Populasi pada penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi Universitas penelitian ini adalah mahasiswa yang telah Muhammadiyah Riau. Sedangkan sampel dari mendapatkan edukasi dan sosialisasi tentang pasar modal sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini diperoleh manfaat investasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi, modal investasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat berinvestasi, motivasi investasi berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi, edukasi investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi dan Secara simultan atau bersama _ sama variabel manfaat, modal, motivasi dan edukasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Riau).

References

Azmi, Z., Misral, M., & Maksum, A. (2018). Knowledge Management, the Role of Strategic Partners, Good Corporate Governance and Their Impact on Organizational Performance. Prosiding CELSciTech, 3, 20-26.

Bandi dan Jogiayanto Hartono. 2000. Perilaku Reaksi Intermediate Accounting Harga dan Volume Perdagangan saham terhadap Dividen. Jurnal Riset Indonesia. vol. 1, No. 2, juli: 203-213

Cristanti, Natalia dan Mahastanti, Linda Arlani. 2o11. “Faktor-faktor yang di Pertimbangkan Investor Dalam melakukan Investasi”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Tahun 4, No. 3, Desember 2011.

Hidayat, A.A.A. 2011. Metode penelitian & Teknik Analisis Data. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Masri Situmorang, Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jom FEKON Vol.1 No.2 Oktober 2014.

Merawati, Luh Komang Dan Putra, I Putu Mega Juli Samara. 2o15. “Kemapuan pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 1o. No. 2, Juli 2015.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media

Schiffman, Leon G. And Leslie L. Kanuk. 2000. Customer Behaviour. Fifth Edition, Prentice-Hall Inc. New Jersey.

Robbins, Stephen. P. 2006. Perilaku organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks Kelompok GRAMEDIA.

Subagyo, pangestu dan Djarwanto. 2009. Statistika Induktif. Edisi kelima. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Penerbit CV. Alvabeta.

Yuliana, Indah. 2010. Investasi Produk Keuangan Syariah. Malang: Uin-Maliki Press.

Downloads

Published

06-01-2022

How to Cite

Nurliza, N., Pitri, P., & Erisya, Y. . (2022). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi dan Edukasi Terhadap Minat dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10658–10666. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2677

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check