Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA di tinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada

Main Article Content

Maria Desidaria Noge
Maria Margareta Jewawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Malanuza , dengan sampel sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen Post Test-Only Control Group Design dengan rancangan faktorial 2 x 2 atau ANAVA AB. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar IPA dan non tes untuk mengukur minat belajar siswa dengan menggunakan angket. Data diolah dengan analisis varians dua jalur melalui uji F namun dalam perhitungan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. pengujian dilakukan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Inkuiri  lebih  tinggi  dari pada yangM mengikuti model pembelajaran konvensional  (F= l5.436,  dan sig. 0,001;p< 0,05.), (2) untuk siswa yang memiliki minat belajar siswa tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki minat belajar siswa rendah (F=1,994, dan sig 0,000;p<0,05) (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan minat belajar siswa (F=0,992 dan sig= 0,462; P> 0,05)


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Noge, M. D. ., & Jewawa, M. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA di tinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas IV SDI Malanuza Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10684–10692. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2689
Section
Articles of Research

References

Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran. Jakarta: PT.Prestasi Pustakakarya.

Anurrahman.2014.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Chumdari. 2008. Pengaruh Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Pembelajaran Konvensional terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau dari Minat Berwirausaha pada Mahasiswa PGSD FKIP UNS Surakarta tahun 2007.Jurnal.(tidak diterbitkan). Varia Pendidikan.Vol. 20, No. 1, Juni 2008.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian dan Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 2008. Penulisan Butir Soal. Online, http://www.depdiknas.go.id (diakses selasa13 Maret 2018)

Hamruni. 2012. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta : Investidia.

Hamalik. 2015 .Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kusmana. 2011. Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.

Koyan,I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press. Mudyahardjo. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nyoman Ari : 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus IV Desa Labasari, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.Jurnal (tidak diterbitkan). Jakarta: pendidikan guru sekolah dasar. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Majid. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Poerwati. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfbeta.

Riyanto, yamin. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Refrensi Bagi Guru Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana

Sri, Rahayu. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Dauh Waru Kabupaten Jembaran. Jurnal ( tidak diterbitkan). Denpasar : Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Gansa Singaraja Indonesia.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana

Sanjana, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Saifudin, Anwar. 2005. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Statitika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Wewe, Melkior. 2016. Pengaruh Model Problem Bassed Learning (PBL) dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Bajawa.Jurnal. (tidak diterbitkan).Bajawa. STKIP Citra Bakti Ngada.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.