Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada SMP YPK 2 Urmboridori Kabupaten Supiori Provinsi Papua

Main Article Content

Elizabet Kafiar
Suzana A.M Weyai
Markus Talu Hurint

Abstract

Tujuan  dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada  SMP YPK 2 Urmboridori Kabupaten Supiori  Provinsi Papua lebih tinggi dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan  model Problem Based Learning. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian jenis Quasi Eksperimen dengan jenis desain control group pretest postest design. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan Kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan sola HOTS siswa yang diajar dengan mode pembelajaran problem Based Learning pada pokok bahasan Relasi dan fungsi di kelas VIII semester 1 SMP YPK Urmboridori tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang diperoleh nilai sig, (2-tailed) sebesar 0,000  maka H0 ditolak dan  Ha diterima, yang berarti ada peningkatan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kafiar, E. ., Weyai, S. A. ., & Hurint, M. T. . (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada SMP YPK 2 Urmboridori Kabupaten Supiori Provinsi Papua. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10721–10727. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2695
Section
Articles of Research

References

Ariyana, Y & Bestary R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat jendral Guru dan tenaga kependidikan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Ayu Ningsih.2017.Eefektivitas pembeljaran matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VII SMP Muhhamadiyah 3 Bontoala. Skripsi. Universitas muhammadiyah Makasar. Diakses pada tanggal 8 Januari 2022.

Ernawati, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis open-ended approach untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 209-220.

Effendi,R.(2018). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implemntasinya pada pelajaran matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan matematika Volume,2(1),72-78

Fanani,M.Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57-76.

Hidayati, A.U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SD. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4 (20),143-156.

Kurnia Eka Lestari, dkk. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.

Ojose, B. (2011). Mathematics for Literacy: Are We Able to put The Mathematics We Learn Into Everyday use?Journal of Mathematics Education. Vol 4, No 1, 89-100, 2011

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4, 436-46.

Setiawan, H., Dafik., & Diah, N. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jember.

Setiawan, H., Dafik., & Diah, N. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika. Jember.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, R &D. Bandung: Alfabeta