Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru

Main Article Content

Yeanisila Yeanisila
Happy Fitria
Alfroki Martha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Berbasis Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru SMP di Banyuasin III. Penelitian ini menggunakan metode metode kuantitatif dengan pendekatan survey. sampel yang dijadikan penelitian adalah guru-guru PNS di SMP Negeri 1 Banyuasin III, SMP Negeri 3 Banyuasin III, dan di SMP Negeri 5 Banyuasin III dengan jumlah sampel secara keseluruhan sebanyak 42 orang guru PNS. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah melewati proses validasi dan reliabilitas.Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa 1). Manajemen berbasis sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. 2) Profesionalisme guru secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja guru.3) Manajemen Berbasis Sekolah dan Profesionalisme Guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SMP di Banyuasin III.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yeanisila, Y., Fitria, H. ., & Martha, A. . (2022). Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10844–10849. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2715
Section
Articles of Research

References

Burhanuddin. (2015). Analisis Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitria, H. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 9 Nomor 1, Juni 2020. Halaman 103-114. ISSN. 2303-2952, e-ISSN 2622-8491.

Mangkunegara. (2011). Kinerja Guru dan Upaya Meningkatkannya. Jakarta: www.emaskuwinggo-mangkunegara.html.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2013). Variabel Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. D. (2014). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparlan. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2012). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umaedi, Hadiyanto, Siswantari. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-Undang Nomor 20 Pasal 51 Tahun 2013. Pengelenggaraan Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>