Analisis Kesulitan Guru Matematika di SMA N 10 Jakarta dalam Menerapkan Pembelajaran Daring

Main Article Content

Titin Supriyatin
Avini Nurazhimah Arfa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh guru matematika di SMA N 10 Jakarta selama melakukan pembelajaran daring. (2) Untuk mengetahui faktor munculnya kesulitan dalam melaksnaakan pembelajaran daring. (3) Untuk mengetahui cara atau alternatif yang digunakan untuk meminimalisir kesulitan yang dialami Jenis penelitian  ini adalah penelitian lapangan (field research) kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni wawancara dan sumber data sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam melaksanakan pembelajaran daring tersebut guru matematika di SMA N 10 Jakarta mengalami beberapa kesulitan, diantaranya ada sebagian siswa yang tidak memiliki fasilitas seperti handphone android, keterbatasan sinyal, dan ada orang tua peserta didik yang kesulitan dalam membimbing anaknya.(2) Faktor yang mempengaruhi adanya kesulitan yaitu dari sisi siswa yaitu ada sebagian peserta didik yang tidak memiliki fasilitas pembelajaran daring seperti handphone android, paket data (bisa dikatakan sebagai faktor ekonomi), keterbatasan sinyal dan ada sebagian orang tua yang tidak memantau anaknya dalam belajar (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang ada selama pelaksanaan pembelajaran daring yaitu diantaranya dengan memberikan tugas yang tidak begitu memberatkan siswa, guru wali kelas  rutin melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik melalui grup oarang tua wali murid setiap harinya serta  pemberian fasilitas paket  quota data kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpukan bahwa kesulitan yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan pembelajaran daring adalah kendala umum yang dapat dialami oleh guru lain, tidak ada kesulitan khusus yang hanya dialami oleh guru matematika.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Supriyatin, T. ., & Arfa, A. N. . (2022). Analisis Kesulitan Guru Matematika di SMA N 10 Jakarta dalam Menerapkan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10909–10915. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2738
Section
Articles of Research

References

Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655-669.

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.

Annur, M. F., & Hermansyah, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam

pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195-201.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 49-56.

Husadaningsih, T., & Darajat, P. P. (2019). Analaisis Kesulitan Guru Matematika SMP dan MTS di Kabupaten Malang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Aksioma, 8(3), 474-484.

Hutagaol, A. S. R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Nusantara Indah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 16-22.

Natsir, S. R., Samritin, S., Sari, E. R., Lestari, A. A., Justia, J., & Rahmawati, R. (2021). Analisis

Kesulitan Guru Sekolah Dasar Negeri Pesisir Pantai Kota Baubau dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5014-5023.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “sistem komputer” untuk siswa kelas x multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).

Purwanto, Agus, dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-1 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journali. Vol. 2 No. 1

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sudarwan, Danim. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Pelajar. Sugiono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sukmawati, R. Ati. 2016. Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. No. 1 Vol. 4.

Supriyatin, T., & Asih, D. A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Pandemi Covid-19 Di SMAN 20 Jakarta. Research and Development Journal of Education, 7(2), 455-463.

Wibowo, E., & Jailani, J. (2014). analisis kesulitan guru matematika SMP dalam pengembangan profesi di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 202-215.

Widayanti, I., & Widowati, A. (2021). ANALISIS AKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING DI KELAS TINGGI SD NEGERI 116/IV KOTA JAMBI: Analysis of Online-Based Mathematics Learning Activities nn High Class SD Negeri 116/IV Jambi City. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(1), 95-107.

Zakaria, P., Kaluku, A., & Rontos, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning). Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-14.