Perspektif Mahasiswa Tentang Keterlibatan Akuntan Dalam Praktek Sustainability Melalui Teknologi Sistem Informasi

Authors

  • Tia Okta Nurmawilis Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Vebio Syaf Cantika Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Yolanda Mayusfa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2741

Keywords:

Akuntansi, Perspektif, Sustainability, Sistem Informasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif mahasiswa Akuntansi tentang keterlibatan akuntan dalam praktek sustainability melalui teknologi sistem informasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dan wawancara pada mahasiswa akuntansi UniversitasMuhammadiyah Riau. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai macam perbedaan perspektif mahasiswa Akuntansi angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Riau. Peranan teknologi sistem informasi dalam praktek sustainability sangat diperlukan karena mengarah pada definisi yang baik mengenai strategi efisiensi energi yang dapat dengan cepat dilaksanakan dan menawarkan keuntungan yang lebih rendah biaya serta dapat meningkatkan kinerja pusat data dan operasi. Serta keterlibatan akuntan dalam praktek sustainability melalui teknologi sistem informasi yaitu pemrosesan informasi akuntansi berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji.

 

References

Ajzen, I. (2015). Consumer attitudes and behavior: The theory of planned behavior applied to food consumption decisions. Italian Review of Agricultural Economics, 70(2), 121– 138.

Anshori, M. &. (2016). Analisis persepsi campus sustainability mahasiswa dalam perilaku pro lingkungan di lingkungan kampus dengan menggunakan metode fta (fault tree analysis) (studi kasus : Perbandingan mahasiswa universitas diponegoro dan univer).

Azmi, Z., Nasution, A. A., & Muda, I. (2020). Information System Integration, Knowledge Management, and Management Accounting Adaptibility. ICOSTEER 2018 research in industry, 4, 1887-1894.

James. (2005). Pengantar Sistem Informasi (Perspektif Bisnis dan Manajerial). Edisi 12. Jakarta.

Jogiyanto, H. (2003). Sistem Teknologi Informasi. Edisi 2. Yogyakarta.

Leung, P. L. (1991). Information System and Information Technology Computer Requirements For Accountants : Academic and Pratical Perspective. Conference Proceedings, Tim Koordinasi Pengembangan Akuntansi. Jakarta.

Mulyadi. (1999). Penempatan Posisi Akuntansi Manajemen di Awal Abad XXI. Seminar. IAI. Jakarta.

Prijayani, A. (2010). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengetahuan Teknologi Informasi yang harus dikuasai.

Salamun, S. (1999). 1999. Tantangan Profesi Akuntansi Menghadapi Abad ke-21 Media Akuntansi. Edisi Januari. Jakarta.

Shintadewi, N. (1998). Persepsi Akuntan, Masyarakat Umum, dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengetahuan Teknologi Informasi yang Harus Dikuasai oleh Akuntan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Stephens, J. C. (2008). Higher education as a change agent for sustainability in different cultures and contexts. International Journal of Sustainability in Higher Education, 9(3), 317–338.

Suyanto. (2003). Penilaian, kemampuan, dan Harapan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dalam Penggunaan Teknologi Informasi Selama Proses Perkuliahan. Yogyakarta: Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada.

Downloads

Published

13-01-2022

How to Cite

Nurmawilis, T. O. ., Cantika, V. S. ., & Mayusfa, Y. . (2022). Perspektif Mahasiswa Tentang Keterlibatan Akuntan Dalam Praktek Sustainability Melalui Teknologi Sistem Informasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10924–10929. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2741

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check