Upaya Meningkatkan Minat Sosialisasi Anak Melalui Metode Bercerita di RA Salafiyah Pangandaran

Authors

  • Asep Dudi Rianto Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, STITNU Al Farabi Pangandaran, Indonesia
  • Irpan Ilmi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, STITNU Al Farabi Pangandaran, Indonesia
  • Etin Safitri Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, STITNU Al Farabi Pangandaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2742

Keywords:

PAUD, Sosialisasi, Metode, Bercerita

Abstract

Pendidikan usia dini merupakan pembinaan yang dilakukan kepada anak usia mulai dari 0-6 tahun. Pembelajarannya menitik beratkan pada aspek moral, nilai-nilai agama, sosial, emosional, kecerdasan, kemandirian serta bahasa dan komunikasi. Kemampuan sosialisasi dan berbicara menjadi sangat perlu diperhatikan agar anak mampu berkomunikasi dengan baik di lingkungan sosialnya. Penelitian ini dilakukan di RA Salafiyah Pangandaran, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode studi pustaka dan observasi lapangan. Peneliti melakukan pengamatan di lokasi objek penelitian. Dari hasil penelitian dari berbagai penelitian yang lain menyebutkan bahwa metode bercerita mampu dengan efektif meningkatkan kemampuan anak dalam komunikasi. Begitu pun dari hasil penelitian yang dilakukan di RA Salafiyah bahwa metode bercerita yang diterapkan pada anak saat belajar mampu meningatan kemampuan sosialisasi dan komunikasi pada anak. dari hasil penelitian yang dilakukan di RA Salafiyah ini juga menyimpulkan bawa metode bercerita mampu dengan efektif meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi.

 

References

Amelia Muliawati,dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbcara Anak Melalui Metode Bercerita di kelompok B TK Plus Salsabil Cirebon. Tasikmalaya : Universitas Pendidikan Indonesia.

Auliya ,M.B, (2017). Upaya Meningkatkan Sosialisasi Anak melalui Metodde Bercerita di Kelas A RA Fadhilah . Medan: Universits Islam Negeri Sumatera Utara.

Danne I, N, (2016) Meningkatkan Kemampuan Bericar Anak melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari pada Kelompok A di RA Miftahul Ulum Suren Ledokombo. Jember : Universitas Muhamadiyah.

Debora MeilianaL. (2017). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dhieni, Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Khadijah, (2015), Media Pembelajaran Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, Medan: Perdana Publishing Latif Mukhtar, dkk, ( 2014) , Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Prenadamedia

Moleong,L.J. (2002).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

R. Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta :Rineka Cipta

Titin Sumiati. ( 2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Meode bercerita Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun. Pontianak : FKIP Untan.

Umi Kalsum, Y,dkk. ( 2018 ). Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Melalui Meode Bercerita pada Kelompok Taman Kanak-Kanak. Universitas Muhamadiyah : Banggai.

Veronika ,D,dkk. ( 2011). Upaya Meningkatkan Sosialisasi Anak Melalui Metode Drama di TK Hang Tuah. Pontianak : Universitas Tanjungpura.

Yayat Hidayat. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Ibnu Khaldun. Pangandaran : STITNU Al-Farabi. Pangandaran

Downloads

Published

13-01-2022

How to Cite

Rianto, A. D. ., Ilmi, I. ., & Safitri , E. . (2022). Upaya Meningkatkan Minat Sosialisasi Anak Melalui Metode Bercerita di RA Salafiyah Pangandaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10930–10936. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2742

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check