Pengaruh Good Corporate Governance dan Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

Authors

  • Mita Putriani Universitas Muhammdiyah Riau, Indonesia
  • Maya Cherly Selvias Universitas Muhammdiyah Riau, Indonesia
  • Anisyah Nasution Universitas Muhammdiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2748

Keywords:

Good Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Intitusional, Modal Intelektual, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance dan Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2020. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 58 perusahaan. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Variabel kepemilikan manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, yang dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis. Variabel kepemilikan institusional juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Ketiga variabel dalam penelitian ini berpengaruh postif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sehingga artinya ketiga variabel tersebut sangat berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

References

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Rineka APT.a, Jakarta.

Ariyanti, Feby. dkk. 2020.Good Corporate Governance (GCG), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Nilai Perusahaan Pertambangan Batu Bara Periode 2014-2018 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Vol. 6 No.1. Universitas Islam Batik, Surakarta.

Dewi, Kadek Ria Citra, dan I Gede Sanica. 2017. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Fatchan, Ilham Nuryana dan Trisnawati. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance pada hubungan antara Report dan Nilai Perusahaan. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia 1(1), 2016.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variabel dari Pengaruh Earning Management 121 Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 10 No. 2.

Downloads

Published

13-01-2022

How to Cite

Putriani, M. ., Selvias, M. C., & Nasution, A. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance dan Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10976–10984. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2748

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check