Gambaran Optimisme pada Mahasiswa Akhir yang Menyusun Skripsi di masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Nella Setriawati

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui optimisme siswa dalam menyusun skripsi selama pandemi, karena optimisme setiap orang berbeda. Metode yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil adalah mahasiswa semester akhir di Universitas Negeri Padang yang mengerjakan skripsi selama pandemi Covid-19. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan aplikasi SPSS.16 dan Microsoft Excell 2019 pada skala optimisme yaitu dengan reliabilitas 0,872. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa optimisme pada mahasiswa akhir yang menyelesaikan skripsi di masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang yaitu 78% sebanyak 47 dari 60 mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setriawati, N. (2022). Gambaran Optimisme pada Mahasiswa Akhir yang Menyusun Skripsi di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2760
Section
Articles of Research

References

Andarini, S. R. (2020). Hubungan antara distress dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Talenta, 2(2), 159–179.

Carver, C. S., & Scheier, M. F. (2001). Optimism, pessimism, and self-regulation.

Carver, C., & Sheier, M. (2002). Optimism (pp. 231—243). Handbook of Positive Psychology. Snyder, CR, & S. Lopez (Eds.), New York ….

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23 (edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.

Herlambang, T. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi yang sedang Menempuh Tugas Akhir di Universitas Muhammadiyah Malang. University of Muhammadiyah Malang.

Indarwati, I. (2018). Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Pratiwi, D., & Lailatushifah, S. N. F. (2012). Kematangan emosi dan psikosomatis pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Psikologi. Universitas Wangsa Manggala. Yogyakarta.

Psi, I. S., & Kholifah, N. (2017). Hubungan Antara Optimisme Dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 4(1), 19–25.

Seligman, M. E. P. (2005). Authentic Happiness: Menciptakan Kebahagiaan Dengan Psikologi Positif. Bandung: Mizan Pustaka.

Seligman, M. E. P. (2006). Learned Optimism: How To Change Your Mind And Your Life. Vintage.

Sudjana, P. D. M. A. (N.D.). Msc, 2002. Metode Statistik, Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono, P. D. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120–123.

Valentsia, G. K. D., & Wijono, S. (2020). Optimisme Dengan Problem Focused Coping Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 15–22.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran [Teaching Psychology]. Jakarta, Indonesia: PT. Grasindo.

Wulandari, R. P. (2012). Hubungan tingkat stres dengan gangguan tidur pada mahasiswa skripsi di salah satu fakultas rumpun science-technology UI. Skripsi. Universitas Indonesia.

Yulianto, A. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zuchrufia, A. R. (2013). Pengaruh Menonton Film Drama Komedi Korea terhadap Emosi Positif pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).