Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Pembelajaran Real Life Materials Pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah I Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022

Main Article Content

Mindaudah Mindaudah

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah Jombang. Hasil observasi menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi nilai siswa masih rendah.  Oleh sebab itu perlu adanya penerapan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa, yaitu dengan menerapkan media Real Life Materials. Penellitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Jombang yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar tes, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar angket siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah Jombang dengan menggunakan media pembelajaran Real Life Materials dapat dikatakan berhasil meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 63,5 meningkat menjadi 74,61 pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 83,46. Pada siklus I nilai rata-rata mengalami peningkatan 11,11 dari nilai rata-rata prasiklus, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 8,85 dari siklus I. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran  Real Life Materials dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Jombang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mindaudah , M. . (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Media Pembelajaran Real Life Materials Pada Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah I Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11057–11072. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2764
Section
Articles of Research

References

Ainiyah, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Metode Giving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V MI Darussalam Curahmalang Sumobito Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.

Depotter, B. (1999). Quantum Teaching. Terjemahan Ari Nilandari. 2002. Bandung, Indonesia: Penerbit Kaifa.

Jabrohim, C. A. (2009). Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers.

Lutfi, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Audio Pada Siswa Kelas VIII A SMP Al Karamah Banjaranyar Sumberagung Peterongan Jombang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Gaung Persada (GP) Pers.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta, Indonesia: BPFE-Yogyakarta.

Pradopo, R. D. (2014). Pengkajian Puisi. Yogyakarta, Indonesia: Gadjah Mada University Press.

Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta, Indonesia: PT Dian Rakyat.

Sagala, S. (2011). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. d. (2017). Media Pengajaran. Bandung, Indonesia: Sinar Baru Algensindo.

Sulistyorini, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Example Non Example Pada Siswa Kelas VII MTs Barussalam Mojoagung Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI Jombang.

Sumadoyo, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta, Indonesia: Graha Ilmu.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bebahasa. Bandung, Indonesia: Angkasa Bandung.

Waluyo, H. J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.