Aplikasi Administrasi pada Les Bahasa Arab Rumah Dakwah Mulia dalam Dunia Pendidikan Islam

Authors

  • Julizal Julizal Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Sri Yono Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Hardian Mursito Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Luh Putu Widya Adnyani Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2767

Keywords:

Aplikasi Sistem Administrasi, Administrasi, Sistem

Abstract

Bahasa yang terkandung dalam Al-Qur’an merupakan Bahasa Arab. Hal ini menyebabkan Bahasa Arab identik dengan Agama Islam. Namun kini mulai banyak ditinggalkan dan digantikan dengan Bahasa Eropa, seperti Bahasa Inggris dan Perancis. Karenanya, berbagai pihak mulai menyadari dan melakukan berbagai gerakan guna mengembalikan kejayaan Bahasa Arab. Maka dari itu, dibentuklah lembaga kursus Bahasa Arab. Salah satunya lembaga kursus Bahasa Arab di kota Bekasi adalah Rumah Dakwah Mulia. Saat ini administrasi Rumah Dakwah Mulia masih mengadopsi sistem manual. Oleh karenanya, penulis berupaya memberikan solusi dengan mengembangkan dan mengaplikasikan alur kerja sistem administrasi yang mampu memproses data secara cepat dan akurat. Penulis bermaksud membuat suatu aplikasi dengan tujuan merancang sistem administrasi yang dapat digunakan dengan mudah oleh karyawan dan pemilik. Dengan menggunakan metode Waterfall maka pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dan diharapkan sistem yang dihasilkan akan lebih baik. Dengan menggunakan metode tersebut, didapatkan hasil sebagai berikut : Aplikasi administrasi yang telah dibuat dapat mempermudah karyawan dan pemilik dalam mengelola data pada Rumah Dakwah Mulia, Sistem ini dapat mengelola dan memproses penginputan seluruh data yang ada pada Rumah Dakwah Mulia dengan cepat dan tepat, dan dapat mempermudah dalam pembuatan laporan, serta pencetakan sertifikat untuk siswa yang memenuhi standar penilaian pada Rumah Dakwah Mulia.

 

References

Abdurahman, Hasan, and Asep Ririh Riswaya. (2014). “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti.” JURNAL COMPUTECH & BISNIS 8(2):61–69.

Erri Wahyu Puspitarini, Dian Wahyu Putra, A. Prasita Nugroho,. (2016). “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1(1):26.

Hartami Santi, Indyah. (2021). “ANALISA PERANCANGAN SISTEM - Google Books.” Retrieved August 12.

Hermawan, Acep. (2011). “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab / Acep Hermawan?; Pengantar, Chaidar Alwasilah?; Editor, Anang Solihin Wardan | OPAC Perpustakaan Nasional RI.

Indrajani. (2015). “Database Design - Google Books.” Retrieved August 12.

Jogiyanto. (2013). Analisis & Desain Sistem Informasi?: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadir, Abdul. (2013). Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Maya. (2021). “Membangun Sistem Informasi Dengan Java NetBeans Dan MySQL?: Panduan Aplikasi & Solusi (PAS) / Editor, Maya | OPAC Perpustakaan Nasional RI. 2015” Retrieved August 12.

Sri Mulyani. (2021) “Metode Analisis Dan Perancangan Sistem - Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. - Google. 2016, Retrieved August 12.

Vico, Hisbanarto &. Yakub. (2021). “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan/ Yakub, Vico Hisbanarto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. 2014. ” Retrieved August 12.

Downloads

Published

15-01-2022

How to Cite

Julizal, J., Yono, S. ., Mursito, H. ., & Widya Adnyani, L. P. . (2022). Aplikasi Administrasi pada Les Bahasa Arab Rumah Dakwah Mulia dalam Dunia Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11080–11087. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2767

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.