Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Manajemen Kesiswaan di Sekolah SMP Karyawan Swasta Turangie

Main Article Content

Sigit Maulana Ismanda
Yuniar Rahmawati
Risda Kholija
Nuranisa Aini
Alamanda Charisma Hafiz

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Tugas tenaga admnistrasi sekolah dalam manajemen kesiswaan, kinerja tenaga admministrasi sekolah dalam manajemen kesiswaan, dan faktor yang mempengaruhi kinerja tenaga administrasi sekolah dalam manajemen kesiswaan di SMP Swasta Karyawan Turangie. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah tenaga administrasi sekolah sedangkan objek-nya adalah kinerja tenaga administrasi dalam kesiswaan di SMP Swasta Karyawan Turangie. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan juga wawancara. Dalam menganalisis data penulis menggunakan pengumpulandata, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini 3 orang yaitu pertama kepala sekolah, kedua wakil kepala kesiswaan, dan ketiga tenaga administrasi sekolah di SMP Swasta Karyawan Turangie. Tenaga administrasi sekolah sebagai pelaksana di lembaga pendidikan yang memiliki beragam tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan., salah satu contohnya yaitu dalam kegiatan manajemen kesiswaan. Data hasil penelitian yang penulis lakukan kinerja tenaga administrasi sekolah dalam manajemen kesiswaan belum optimal karena belum ada pengawasan dari kepala sekolah dan juga sarana yang belum mendukung untuk kelancaran tugas tenaga administrasi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ismanda, S. M., Rahmawati, Y. ., Kholija, R., Aini, N. ., & Hafiz, A. C. . (2022). Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Manajemen Kesiswaan di Sekolah SMP Karyawan Swasta Turangie. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11141–11147. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2781
Section
Articles of Research

References

Suharsimi Arikunto, (2008), Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: aditya Media.

Mulyono, (2008), Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Jogjakarta: AR-Ruzz Media Groups.

Piet Sahertian, 2016, Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional,

W.Manja, 2007, Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Malang: Elang Mas.

Republik Indonesia Permendiknas Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tanaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Yusuf Hadijaya, 2014, Administrasi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Direktorat pembinaan tenaga kependidikan pendidikan dasar dan menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017 panduan kerja tenaga administrasi sekolah atau Madrasah.

Sofyan Tsauri, 2014, Manajemen Kinerja (performance management), Jember: STAIN Jember Press,

Sohiron, 2015, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Pekanbaru: Kreasi Edukasi

Mustari Mohammad, 2015, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press