Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMP PAB 8 Sampali

Main Article Content

Nuraini Ade Putri Lubis
Deby Febri Ananda Lubis
Sukma Aulia Munthe
Wendi Sulaeman Maru’ao
Dinda Rahayu

Abstract

Dalam kegiatan proses pembelajaran sarana dan prasarana sangat diperlukan agar pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar atau efektif dan efisien, oleh karena itu, pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan penting untuk dilakukan oleh setiap sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan etnografi. Data yang dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini yaitu (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran melalui analisis kebutuhan, pembiayaan, serta analisis prioritas, (2) pengadaan sarana dan prasarana bersumber pada reparasi, dana pemerintah, sumbangan masyarakat dan peminjaman barang, (3) penginventarisasi sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran yaitu pencatatan kode, jumlah, dan lain sebagainya, (4) pemeliharaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran melalui pemeliharaan sehari-hari dengan melibatkan guru dan siswa yang mencakup pemeliharaan gedung sekolah, kursi, meja, dan sebagainya, (5) penghapusan sarana dan prasarana sudah dilakukan sesuai dengan proseedur.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri Lubis, N. A., Ananda Lubis, D. F. ., Munthe, S. A. ., Maru’ao, W. S., & Rahayu, D. . (2022). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di SMP PAB 8 Sampali. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11163–11168. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2784
Section
Articles of Research

References

Ananda Rusydi & Oda Kinata Banurea, (2017), Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Medan: CV. Widya Puspita.

Barnawi dan M. Arifin, (2012), Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Biklen dan Bogdan, (2004), Qualitative Research at Class, Edisi Revisi, New York: Beverly Hills.

Gunawan, (2018), Manajemen Institusi Pendidikan, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Herawati Neti, Dkk, (2020), Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 4, No. 2.

Nurbati, (2015), Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah,Manajer Pendidikan, Vol. 9, No. 4.

Maryadi dan Nasrudin, (2018), Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD, Jurnal Managemen Pendidikan, Vol. 13, No. 1.

Megasari Rika, (2014), Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukit Tinggi, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Sayida Zahra Amalia, (2018), Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Di MAN Prambon Ngnjuk, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 3, No. 1, hal. 21

Syndrichs Berg, (2003), Qualitative Research InStudy, New York: Helly Brincht