Fase Perkembangan Embrio dalam Sistem Reproduksi Manusia Menurut Pandangan Sains Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadits

Authors

  • Riski Amalia Sam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Indayana Febriani Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Rasyidah Rasyidah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2787

Keywords:

Fase Embrio, Sistem Reproduksi Manusia, Sains, AlQur’an Dan Hadits

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fase perkembangan embrio menurut pandangan sains terintegrasi Al-Qur'an dan hadits.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan hasil penelitian berupa datadeskriptif yang diperoleh dari berbagai sumber dengan pendekatan kajian pustaka (LibraryResearch). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fase perkembangan embrio manusia dari sudut pandang sains, Al-Qur'an, dan Hadis saling terintegrasi seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Kejadian fase perkembangan embrio yang mengarah kepada asal mula penciptaan manusia yang digambarkan ayat-ayat al-Qur’an dan hadits demikian pentingnya diintegrasikan dalam mata pelajaran Biologi. Memahami proses reproduksi dan embriologi ini merupakan langkah dasar dalam mengenal dan memahami keajaiban dari proses penciptaan manusia. Mengenal proses penciptaan tersebut akan menghadirkan keyakinan akan keberadaan dan kekuasaan Tuhan (Tauhid ) yang lebih tinggi, mendatangkan kepercayaan (Iman) yang lebih kuat dan menumbuhkan kedekatan (Taqwa) kepada Sang Pencipta yang lebih dalam.

 

References

Abdul, A.A.A., 2018. Hadits-Hadits Sains.Yogyakarta; Laksana.

Abuddin, Nata. 2018. Islam & Ilmu Pengetahuan. Jakarta; Prenada Media Group,

Cet ke-1.

Akhmad Alim. 2014. Sains dan Teknologi Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Al-Sa‘id, ‘Ashur, 2002.Al-Insan fi Al-Qur’an Al-Karim: Diniyyun, ‘Ilmiyyun, Tibbiyyun, Tarbawiyyun, Kairo: Dar Gharib.

Ali, Mustopo. 2017. Integrasi Agama dan Ilmu Pengetahuan.Jurnal Al-Afkar, 5(2), 82-110.

Al-Sa‘id, ‘Ashur, 2002.Al-Insan fi Al-Qur’an Al-Karim: Diniyyun, ‘Ilmiyyun, Tibbiyyun, Tarbawiyyun, Kairo: Dar Gharib.

Aprilia, Wahyu. 2020. Perkembangan Pada Masa Prenatal Dan Kelahiran. Yogyakarta; Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, no 1. h. 40-55.

Bakhtiar, Amsal. 2012. Filsafat Ilmu. Jakarta; Rajawali Pers.

Basith, A.M.S., 2006. Rasulullah Sang Dokter (Ath-Thib Al-Wiqa’i Min Al-Qur’an Wa As-Sunnah). Cet Ke-II. Solo; Tiga Serangkai.

Basri, H. 2019. Teologi Sains: Mengatasi Dikotomi Sains-Agama Perspekif Islam. Zawiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 377-404.

Budi, E.M. 2017. Integrasi Sains-Islam dan Implementasinya dalam Pembelajaran Biologi.Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9; Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Burhan B. 2001. Metodologi Penelitian Sosial : Format-format Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Surabaya : Unair Press.

Danial, Z.A.,2014. Qur’an Saintifik; Meneroka Kecemerlangan Qur’an Daripada Teropong Sains.Malaysia; PTS.Millennia SDN.BHD.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fanani, M. 2014. Transformasi Paradigma Dan Implikasinya Pada Desain Kurikulum Sains: Studi Atas Uin Syarif Hidayatullah, Uin Sunan Kalijaga, Dan Uin Maliki. Semarang; Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Halim, Abdul Nasution. 2020. Embriologi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’an. NIZHAMIYAH, 10(2), 72-86.

Harahap, Nursapia. 2014. Penelitian Kepustakaan.Jurnal Iqra’, 8(1), 68-73.

Harahap, Syahrin (Dkk). 2019. Wahdatul ‘Ulum;Paradigma Pengembangan Keilmuan dan Karakter Lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Medan; IAIN Pres.

Hardisman, 2013.Pengantar Kesehatan Reproduksi, Seksologi Dan Embriologi Dalam Kajian Ilmu Kedokteran dan Al-Qur’an. Yogyakarta; Gosyen Publishing.

Hasan, Basri. 2019. Teologi Sains: Mengatasi Dikotomi Sains-Agama Perspekif Islam. Zawiyah; Jurnal Pemikiran Islam,5(2), 377-404.

Hisham, T. (Dkk).2008. Ensiklopedia Mukjizat Al-Qur’an dan Hadis 2 Kemukjizatan Penciptaan Manusia (Cet Ke-2).Jakarta; Sapta Sentosa.

Hasnar, Hasim. 2013. Buku Ajar Biologi Medik. Jakarta; Buku Kedokteran EGC.

Hulami,AL-Amin & Abdul,R.R. Keilmiahan Ayat-Ayat Penciptaan Manusia (Telaah Penafsiran Tantawi Jawhari Dalam Tafsir Al-Jawahir). Artikel.

Ibnu, H. A.A. 2013. Fathul Bahri; Penjelasan Kitab Shahih Al-Bukhari, Jilid 2.Jakarta; Pustaka Azzam.

Johannes. W. R. & Elke, L. D., 2009. Funktionelle Embryologie, Terj. Harjadi Widjaja, Embriologi Fungsional. Jakarta; Penerbit Buku Kedokteran.

Kementrian Agama RI. 2016. Tafsir Ilmi Penciptaan Manusia Dalam Al-Qur’an dan Sains (Cet Ke-2). Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang Diklat Kemenag RI dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kementrian Agama RI. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang Diklat Kemenag RI.

Lisin, 2019.Embriologi Manusia Dalam Perspektif Kitab Tafsir Mafatih AL- GHAIB (Karya Fakhruddin Al-Razi) Dan Relevansinya Dengan Ilmu Embriologi Modern.Tesis. Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Hadits, Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

M. Abdurrahman, dkk. 2011. Metode Kritik Hadits. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Misdar, Muh. 2017. Sejarah Pendidikan Dalam Islam.Jakarta; Rajawali Pers.

Mochammad, Asrukin. HADITS : Sebuah Tinjauan Pustaka. Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Muhammad, I.T., 2006. Dalil Anfus, Al-Qur’an dan Embriologi: Ayat-Ayat Tentang Penciptaan Manusia, terj Muhammad Arifin dkk, Solo: Tiga Serangkai.

Muhyar, Fanani.,Solihan& Karnadi. 2014. Transformasi Paradigma Dan Implikasinya Pada Desain Kurikulum Sains: Studi Atas Uin Syarif Hidayatullah, Uin Sunan Kalijaga, Dan Uin Maliki. Laporan Penelitian Kolektif. Institus Agama Islam Negeri Walisongo.

Nurbaety, 2019. Proses Reproduksi Manusia Dalam Perspektif Al-Qur’ân (Kajian Tafsir Ilmi Kemenag Lipi). Skripsi.Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurma, Harumiaty.2014.Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Universitas Airlangga Dalam Mendukung Penelitian Ilmiah Menuju “Excellent Research University”. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga,4(2).

Nursalamah. 2020. Implementasi Muatan Tafsir Bil Ma’tsur (Kajian Embrio Dalam Al-Qur’an dan Hadis).Skripsi.Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA RIAU).

Oabot, 2021. Wikipedia;Zona Pelusida. Artikel. Diakses pada minggu, 01 Agustus, pukul 23:38.

Rima, Mustafa. 2017. Mata Air (Majalah Sains, Budaya, dan Spritualisme) Edisi 14.Majalah. Jakarta; Ufuk Baru.4(14), h.

Rudy, A. N. 2015. Reproduksi Perkembangan Hewan.Yogyakarta; Cahaya Atma Pustaka.

Salim,& Syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif.Bandung; Citapustaka Media.

Samuel, W & Rhiannon. D. W. 2017. Embriology at a Glance, Terj.Vidya Hartiansyah, At a Glance Embriologi. Jakarta; Penerbit Erlangga

Sari, M dan Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Soeminto,dkk. Modul Ruang Lingkup, Kegunaan, dan Cara-Cara Mempelajari Embriologi.

Subagiya, B. 2018.Internalisasi Nilai Penciptaan Manusia Dalam Al-Qur’?n Dalam Pengajaran Sains Biologi.Bogor; Tawazun, Jurnal Pendidikan Islam.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung; Penerbit Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung; Penerbit Alfabeta.

Tim Penyusun., Samir, A. H.,(Dkk). 2015. Ensiklopedia Sains Islami Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis (Jilid 2; Biologi). Tangerang; Kamil Pustaka.

Wayan, B., Bibiana. W. L., Ita. D. Supar & Arief. B. 2013. Peranan Zona Pelusida Sebagai Barier Terhadap Cemaran Escherichia Coli K99.Jurnal Veteriner, 14(2), h.

Zaghlul, an-Najjar. 2011. Sains dalam Hadits; Mengungkap Fakta Ilmiah dari Kemukjizatan Hadits Nabi.Jakarta; Amzah.

Zaghlul, an-Najjar.2006. Pembuktian Sains Dalam Sunnah.Jakarta; Amzah.

Downloads

Published

17-01-2022

How to Cite

Sam, R. A. ., Tanjung, I. F. ., & Rasyidah, R. (2022). Fase Perkembangan Embrio dalam Sistem Reproduksi Manusia Menurut Pandangan Sains Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11182–11189. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2787

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check